Menlu Retno Jelaskan Nasib 1.500 Pengungsi Rohingya di Indonesia

Ade Rosman
11 Januari 2023, 15:39
Menlu
ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/hp.
Anak-anak pengungsi suku Rohingya yang terdampar di pesisir pantai Kuala Gigieng pada 8 Januari 2023 berdiri di pagar UPTD Dinas Sosial Aceh Rumoh Seujahtera Beujroh Meukaya Ladong, Aceh Besar, Aceh, Senin (9/1/2023).

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjelaskan Indonesia kedatangan 644 orang pengungsi Rohingya dari Myanmar dalam tiga bulan terakhir, Mereka datang lewat jalur laut dan masuk melalui Provinsi Aceh.

"Dengan tambahan ini, maka terdapat 1500 migran etnis Rohingya teregistrasi di Indonesia," kata Retno dalam konferensi pers awal tahun Kemenlu, Rabu (11/1). 

Retno mengatakan saat ini penyelesaian masalah pengungsi Rohingya tidak mengalami kemajuan. Bahkan, ia menyebut penanganan menjadi semakin sulit dikarenakan situasi di Myanmar. .

"Isu Rohingya tidak dapat diselesaikan jika akar masalah di Myanmar tidak diselesaikan," kata Retno.

Menurut Retno sejauh ini negara ASEAN telah berupaya untuk membantu penyelesaian etnis Rohingya. ASEAN di bawah keketuaan Kamboja telah mendorong pelaksanaan Five-Point Consensus (5PC) untuk Myanmar. Retno mengatakan inisiatif ini akan terus dilanjutkan pada masa keketuaan Indonesia di ASEAN. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...