BRIN Kembangkan Sistem Pemantauan Gerakan Tanah di Sesar Lembang

Image title
22 Maret 2023, 16:45
BRIN, Sesar Lembang
ANTARA
Ilustrasi, foto udara Gunung Batu yang berada di jalur Sesar Lembang di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) tengah mengembangkan sistem pemantauan gerakan tanah pada Sesar Lembang yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat, untuk mengatasi permasalahan kota yang dibangun dengan ancaman sesar aktif.

Kepala Pusat Riset Kebencanaan Geologi BRIN, Adrin Tohari mengatakan, penelitian Sesar Lembang telah dilakukan sejak tahun lalu. Tujuannya, untuk menyediakan instrumen yang bisa menyediakan informasi mengenai ancaman gerakan tanah.

"BRIN sebagai suatu pemangku kebijakan melakukan kegiatan riset dan inovasi berkontribusi di Sesar Lembang yang ada ancaman yang biasanya ada gerakan tanah atau longsor," kata Adrin, dikutip dari Antara, Rabu (22/3).

Sebagai informasi, Sesar Lembang merupakan sebuah patahan geser aktif yang terletak di Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Sesar Lembang mempunyai potensi untuk menyebabkan bencana, tidak hanya akibat penguatan goncangan pada daerah tanah lunak, tetapi juga kegagalan lereng batuan dan tanah di sepanjang zona sesar tersebut.

BRIN mengklaim penelitian Sesar Lembang sudah lumayan bagus dengan adanya data rinci yang dapat memitigasi. Penelitian dilakukan guna membangun sistem pemantauan ancaman longsor lereng batuan di wilayah pemukiman pada zona Sesar Lembang.

Selain itu, BRIN juga membangun peralatan pemantau ancaman longsor batuan akibat goncangan gempa, antara lain alat takar curah hujan yang digunakan untuk mengukur tingkat intensitas air hujan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...