6 Fakta Pembacokan Mantan Ketua KY, Dikuntit hingga Anak Ikut Terluka

Ira Guslina Sufa
29 Maret 2023, 08:56
Rumah Mantan Ketua KY Jaja Ahmad Jayus yang jadi korban pembacokan
Antara
Rumah Mantan Ketua KY Jaja Ahmad Jayus yang jadi korban pembacokan

Mantan Ketua Komisi Yudisial (KY) Periode 2018-2020 Jaja Ahmad Jayus menjadi korban pembacokan. Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo mengatakan peristiwa itu diduga terjadi pada Selasa pukul 15.00 WIB di perumahan yang berada di Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa 28/3). 

Kusworo mengatakan akibat pembacokan, Jaja mengalami luka di bagian kepala dan leher. Jaja yang kini berprofesi sebagai dosen tengah mendapat perawatan intensif di Rumah Sakit Mayapada Bandung, Jawa Barat.

Kusworo memastikan pula kasus pembacokan terhadap Jaja itu kini sudah ditangani oleh Satuan Reserse Kriminal Polresta Bandung. Adapun Jaja merupakan Ketua Komisi Yudisial yang menjabat sejak Juli 2018 hingga Desember 2020. Jaja terpilih menjadi Anggota Komisi Yudisial (KY) untuk dua periode, yaitu tahun 2010-2015 dan tahun 2015-2020.

Berikut sejumlah fakta terkait pembacokan Jaja yang dihimpun tim Katadata.co.id. 

Anak Jaja Juga Jadi Korban

Kusworo Wibowo menyebut putri Jaja Ahmad Jayus juga turut menjadi korban dalam kasus pembacokan mantan pejabat itu. Sang anak, Rahmi Dwi Utamai (22 tahun),  ikut dibacok lantaran ikut membela ayahnya saat melawan pelaku. 

Menurut Kombes Pol. Kusworo, Jaja dan putrinya kini menjalani perawatan di Rumah Sakit Mayapada. Polisi hingga kini masih melakukan penyelidikan terkait dengan kasus yang menimpa mantan pejabat negara itu.

Dikuntit Hingga ke Rumah 

Pihak kepolisian menduga Jaja Ahmad Jayus dan putrinya dikuntit terlebih dahulu sebelum diserang oleh pelaku dalam aksi pembacokan. Saat itu Jaja bersama putrinya pulang menggunakan kendaraan roda 4 jenis HR-V hitam. 

Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol. Ibrahim Tompo menjelaskan setelah dikuntit, pelaku melakukan serangan ketika korban sampai di depan rumah dan keluar dari mobil untuk masuk ke rumahnya. 

Pelaku Tunggal 

Berdasarkan informasi sementara, kepolisian menduga pelaku pembacokan beraksi sendirian. Namun, Kusworo mengatakan kepolisian masih akan terus melakukan penyelidikan dan tak terburu-buru membuat kesimpulan. Polisi tengah menunggu hasil visum dari rumah sakit yang menangani Jaja tersebut.

"Pelaku diduga satu orang dan menggunakan sepeda motor matik Honda Beat carbo warna putih," ucap Ibrahim.

Rumah Jaja di Pemukiman Padat 

Saat ini kepolisian telah memasang garis polisi menyusul peristiwa pembacokan yang menimpa Jaja. Adapun lokasinya itu berada di kompleks Perumahan GBA Blok F yang merupakan permukiman padat di dekat perbatasan dengan Kota Bandung.

Rumah mantan Ketua KY itu merupakan bangunan gabungan dari dua rumah yang ada di depan dan belakang sehingga alamatnya: Blok F Nomor 2 dan Nomor 29. Pagar di depan dan belakang rumah itu pun dipasangi garis polisi. Tampak di depan dan belakang rumah itu pun memiliki tempat parkir mobil.

 "Saat ini kami sedang melakukan penyelidikan," kata Kapolresta Bandung Kombes Pol. Kusworo Wibowo di lokasi.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...