Menpora Dito Ariotedjo Mundur dari RANS FC, Punya PR Tiga Prioritas

Andi M. Arief
3 April 2023, 18:57
 Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo yang dilantik di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (3/4/2023).
Katadata/Andi M. Arief
Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo yang dilantik di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (3/4/2023).

Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo yang baru dilantik hari ini mengatakan akan melepas jabatannya di RANS Nusantara FC. Dito mengundurkan diri dari RANS FC, karena sebagai menteri dia harus menaungi semua pemangku kepentingan.

"Jadi, untuk tidak ada conflict of interest, saya pasti akan mundur dari RANS FC," kata Dito di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (3/4).

Dito menyampaikan pengunduran dirinya dari RANS FC tidak akan berdampak besar pada operasional klub. Selain Dito, RANS FC juga memiliki chairman lain, yakni Raffi Ahmad dan pengusaha Rudy Salim.

Dito menegaskan dirinya tidak akan sama sekali berkecimpung dalam RANS FC. Di samping itu, Dito menilai pengunduran dirinya diterima dengan baik oleh manajemen RANS FC. "Raffi bahagia-lah karena mendapat tugas yang lebih besar," kata Dito.

Pesan Muhadjir untuk Menpora Baru

Presiden Joko Widodo memberikan tiga pesan penting kepada Dito Ariotedjo.  "Ada tiga poin dari Pak Presiden," kata Dito kepada wartawan usai pelantikan.

Pesan pertama, kata Dito, Presiden Jokowi ingin di ajang SEA Games dan Asian Games, Indonesia memprioritaskan cabang-cabang olahraga yang memiliki potensi meraih medali.

"Jadi, harus efisien; tetapi kita mendapatkan hasil medali yang baik," kata dia.

Kedua, Presiden Jokowi ingin liga-liga pertandingan olahraga secara masif dilaksanakan di level pendidikan sekolah, kuliah, serta untuk rakyat dengan menggalakkan liga antar-kampung.

Pesan ketiga, lanjut Dito, Presiden Jokowi ingin ekosistem industri olahraga Indonesia semakin maju dan mapan.

"Dan untuk pemuda, Pak Presiden ingin pengembangan pemuda itu lebih ke arah kewirausahaan dan juga profesionalitas dan dengan capaian indeks pembangunan pemudanya naik," katanya.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...