Menteri Sandiaga Taksir Mudik Lebaran Bisa Sumbang Rp150 T ke Ekonomi

Desy Setyowati
4 April 2023, 04:00
Lebaran, mudik,
ANTARA FOTO/Fransisco Carolio/tom.
Calon penumpang pesawat antre untuk melapor diri di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara, Senin (3/4/2023).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memprediksi dampak ekonomi dari mudik Lebaran sekitar Rp 100 triliun – Rp 150 triliun. Sebanyak 123,8 juta masyarakat diperkirakan mudik.

"Dampak ekonomi berarti bisa dua kali lipat, sekitar Rp 100 juta – Rp 150 triliun," ujar Sandiaga Uno dalam The Weekly Brief with Sandi Uno di Jakarta, dikutip dari Antara, Senin (3/4).

Ia memproyeksikan, cuti bersama dan hari libur Lebaran tujuh hari menghasilkan sekitar 25% pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) dari target 1,4 miliar atau 300 – 350 juta orang.

Sandiaga Uno akan berkoordinasi dengan perangkat daerah dan stakeholders untuk memastikan potensi wisatawan saat libur lLebaran dapat maksimal, termasuk memperhatikan aspek-aspek berkaitan dengan Cleanliness, Health, Safety and Environment Sustainabillity (CHSE), keselamatan dan keamanan.

Ia akan mengeluarkan surat imbauan pemantauan Hari Raya Idul Fitri 2023 kepada seluruh dinas pariwisata di daerah. Ini untuk memastikan kesiapan destinasi dan lokasi daya tarik wisata menerapkan protokol keselamatan dan kesehatan yang baik.

Pemerintah Daerah diharapkan membentuk satuan tugas yang melibatkan lintas-organisasi perangkat daerah (OPD) untuk mengawasi kawasan objek wisata dan aktivitas pengunjung pariwisata.

“Dispar juga diimbau memantau di lapangan langsung, jangan hanya di belakang meja. Akan ada peningkatan lonjakan pengunjung, ini harus diperhatikan kesiapan mulai dari kawasan, infrastruktur sampai yang berkaitan dengan pelayanan,” ujarnya.

Kemenparekraf juga berkoordinasi dengan Korlantas Polri untuk memetakan beberapa lokasi yang berpotensi mengalami kepadatan selama libur atau mudik Lebaran termasuk rekayasa lalu lintas, rambu-rambu dan petunjuk portable lalu lintas.

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...