Mudik Lebaran Dimulai, Stasiun Pasar Senen Sudah Dipadati Penumpang

Tia Dwitiani Komalasari
4 April 2023, 09:55
Dua calon penumpang membeli tiket kereta api jarak jauh di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Rabu (1/3/2023).
ANTARA FOTO/Prabanndaru Wahyuaji/wpa/foc.
Dua calon penumpang membeli tiket kereta api jarak jauh di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Rabu (1/3/2023). .

 Aktivitas Stasiun Pasar Senen di Jakarta Pusat sudah mulai ramai dengan penumpang yang mudik lebaran lebih awal pada Selasa pagi (4/4). Mereka memilih lebih mudik lebaran lebih awal untuk menhindari kepadatan . 

Berdasarkan pantauan, calon penumpang terus berdatangan ke Stasiun Pasar Senen pukul 08.18 WIB. Beberapa penumpang lain juga terlihat tengah berdiri menunggu pemeriksaan dokumen di sekitar pintu masuk.
 
Terlihat juga para calon penumpang antre di pintu masuk keberangkatan sedangkan penumpang lain mencetak kartu tiket. Para porter pun tampak berseliweran menawarkan jasa angkut barang kepada calon penumpang yang terlihat membawa barang dalam jumlah banyak mulai tas, kardus, hingga koper.
 
Salah satu pemudik dari Tangerang, Linda (23), mengatakan bahwa mudik lebaran lebih awal juga membuat dia mudah mendapatkan tiket keret api. Pasalnya, sebagian tiket kereta dengan keberangkatan mendekati lebaran sudah habis.
 
"Sengaja mudik awal-awal supaya bisa lebaran di rumah. Kalau untuk awal-awal gini kan masih kosong, karena juga masih puasa di awal kan, jadi beli tiket gampang," kata salah satu pemudik dari Tanggerang, Linda (23) di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Selasa (4/4).
 
Laih halnya dengan Prasetyo (22) yang mengaku telah mengajukan izin cuti selama tiga hari untuk pulang kampung lebih awal pekan ini. Pasalnya, dia tidak berencana untuk lebaran di kampung halaman.
 
"Justru mudiknya sekarang karena lebaran ga pulang. Takutnya kan ramai kaya tahun kemarin jadi pulangnya mendahului, izin pulang duluan cuti kerja selama 3 hari, jadi mudik 3 hari saja," ujar Prasetyo sambil merapihkan barang bawaannya.
 
Prasetyo mengatakan, dia memilih pulang kampung ke Surabaya menggunakan kereta agar tidak mengulangi pengalaman mudiknya tahun lalu. Menurut dia, jadwal kereta relatif lebih pasti dibandingkan bus.
 
"Tahun kemarin naik bus, waktu berangkat lancar sehari sampai, pas pulang 3 hari 2 malam," ucap Prasetyo.

123 Juta Orang Mudik Lebaran Tahun Ini

Berdasarkan hasil survei Kementerian Perhubungan melalui Badan Kebijakan Transportasi, jumlah pergerakan masyarakat saat musim mudik Lebaran 2023 diprediksi mencapai 123,8 juta orang. Jumlah ini meningkat 14,2% jika dibandingkan dengan prediksi mudik Lebaran 2022  sebesar 85,5 juta orang.

Tercatat, moda transportasi darat mendominasi pergerakan saat mudik tahun ini. Mayoritas masyarakat diprediksi menggunakan mobil pribadi sebanyak 27,32 juta orang atau 22,07% dari total pergerakan masyarakat pada mudik Lebaran 2023.

Selanjutnya, masyarakat yang menggunakan sepeda motor 25,13 juta orang (20,3%). Lalu, diikuti oleh moda bus 22,77 juta orang (18,39%), kereta api antarkota 14,47 juta orang (11,69%), dan mobil sewa 9,53 juta orang (7,7%).

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...