Ajang Terbaru Penolakan Israel oleh Gubernur Bali: World Beach Games

Ameidyo Daud Nasution
6 April 2023, 16:08
israel, wayan koster, bali
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/ama.
Gubernur Bali Wayan Koster (tengah) didampingi Wagub Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (kiri) dan Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra, memberikan keterangan terkait penanggulangan COVID-19 di Denpasar, Bali, Senin (16/3/2020).

Gubernur Bali I Wayan Koster kembali menjadi sorotan usai menolak lagi kehadiran tim Israel. Kali ini, ia menolak tim Israel hadir dalam acara World Beach Games 2023.

Koster menjelaskan penolakan kontingen Israel ke kompetisi multicabang tersebut sejalan dengan Peraturan Menteri Luar Negeri Nomor 3 Tahun 2019 tentang Panduan Umum Hubungan Luar Negeri Oleh Pemerintah Daerah.

Berdasarkan aturan tersebut, Koster akan menerima atlet dari Israel jika mereka tidak menyanyikan lagu kebangsaan maupun mengibarkan benderanya di Pulau Dewata.

"Itu berdasarkan konstitusi," kata Koster kepada sejumlah media di Karangasem, Bali, Rabu (5/4).

Sebagai informasi, World Beach Games 2023 akan diselenggarakan pada 5-12 Agustus 2023. Sedangkan atlet asal Israel akan bertanding di nomor renang perairan terbuka putri.

Ini merupakan penolakan kedua Koster atas rencana kedatangan Israel dalam ajang olahraga besar. Sebelumnya, ia bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menolak kehadiran Timnas Israel pada Piala Dunia U20.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...