H-7 Lebaran, Volume Lalu Lintas Tol Cikampek Meningkat

Image title
Oleh Antara
15 April 2023, 12:23
H-7 Lebaran, Volume Lalu Lintas Tol Cikampek Meningkat
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/foc.
Sejumlah kendaraan memasuki pintu Tol Cikampek Utama menuju Palimanan di Karawang, Jawa Barat, Sabtu (15/4/2023) dini hari. Polda Metro Jaya menyatakan puncak arus mudik gelombang pertama diprediksi terjadi pada 14 April 2023 dan gelombang kedua pada 18-19 April 2023.

Gerbang Tol Cikampek Utama, Karawang, Jawa Barat  mulai mengalami kenaikan volume lalu lintas kendaraan pada H-7 menjelang Lebaran atau periode arus mudik gelombang pertama. 

Berdasarkan data milik PT Jasa Marga (Persero) yang dihimpun sejak pukul 16.00 WIB sampai dengan 21.00 WIB pada Jumat kemarin (14/4), sebanyak 11.682 unit kendaraan telah masuk dari gardu arah Jakarta menuju Bandung.

Jumlah ini terpantau meningkat dibandingkan banyaknya kendaraan yang masuk dari Jakarta menuju Tol Cikampek Utama di jam dan rute yang sama pada Kamis (13/4) sebanyak 10.050 kendaraan. 

Kemudian, untuk gardu keluar ke arah Jakarta, total kendaraan yang masuk ada 5.588 unit, meningkat dari hari sebelumnya yang berjumlah 5.615 unit kendaraan. Dengan rincian per hari ini sebanyak 3.213 kendaraan berasal dari Jakarta-Cikampek, dan 2.375 kendaraan berasal dari Cipali.

Seperti dikutip dari Antara, meski hujan turun di area tol dengan intensitas yang deras, namun tidak menghalangi setiap kendaraan untuk terus berdatangan dan mengantre membayar di gardu tol. Hingga pukul 23.28 WIB, jalur tol banyak dilalui oleh bus dan truk angkut. Beberapa mobil kendaraan pribadi pun mulai bermunculan dengan banyak muatan yang diletakkan di atas kap mobil.

Situasi ini selaras dengan anjuran Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kepada masyarakat, untuk mudik lebih awal agar terhindar dari kepadatan di hari puncak arus mudik Lebaran tahun ini, yang diprediksi akan terjadi mulai tanggal 18 sampai dengan 21 April 2023.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...