Gerhana Matahari Terjadi di Banyak Daerah, Umat Islam Salat Kusuf

Yuliawati
Oleh Yuliawati
20 April 2023, 15:48
Foto sekuens fase gerhana matahari sebagian saat terjadinya fenomena gerhana matahari hibrida di Madiun, Jawa Timur, Kamis (20/4/2023). Gerhana matahari hibrida 2023 dapat diamati dari wilayah Indonesia berupa gerhana matahari total dan gerhana matahari s
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/aww.
Foto sekuens fase gerhana matahari sebagian saat terjadinya fenomena gerhana matahari hibrida di Madiun, Jawa Timur, Kamis (20/4/2023).

Gerhana matahari hibrida berlangsung Kamis (20/4) di Indonesia pada hampir sebagian wilayah Indonesia.  Sebagian umat Islam menyambut fenomena astronomi langka ini dengan salat kusuf atau salat gerhana di masjid.

Gerhana matahari bisa dilihat pada sebagian wilayah Indonesia, dari Sabang hingga Merauke. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat terdapat 34 lokasi yang mengalami gerhana matahari.

Sebagian wilayah Indonesia mengalami gerhana matahari sebagian dan gerhana matahari total. Gerhana matahari sebagian dialami di Wilayah Indonesia Barat. Adapun gerhana matahari total terlihat di Biak, Papua. Sedangkan gerhana cincin tak terlihat di wilayah Indonesia.

Berikut beberapa daerah yang terlihat fenomena gerhana matahari, di antaranya sebagai berikut:

Jakarta

BMKG memantau gerhana matahari sebagian di Dermaga Cinta Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. SDi kawasan Ancol tampak gerhana matahari sebagian karena dari sana terlihat penampakan matahari 50 persen.

Sebagian masjid di Jakarta mengadakan salat Kusuf atau salat Gerhana Matahari, di antaranya di Masjid Istiqlal. Salat jemaah tersebut dihadiri Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar dan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam) Kementerian Agama (Kemenag) Kamaruddin Amin, serta ribuan jamaah.

PENGAMATAN GERHANA MATAHARI DI PLANETARIUM JAKARTA
PENGAMATAN GERHANA MATAHARI DI PLANETARIUM JAKARTA (ANTARA FOTO/Fauzan/aww.)

Yogyakarta

Sejumlah warga Yogyakarta bisa mengamati gerhana matahari sebagian. Gerhana matahari di Yogyakarta terjadi mulai pukul 09.30 WIB dan puncaknya terjadi pada pukul 10.44 WIB.

Pada puncak gerhana di Yogyakarta, bagian matahari yang tertutup bulan hanya sekitar 58 persen selama sekitar 1 menit.

Malang

Fenomena gerhana matahari hibrida di Malang dimulai pada pukul kurang lebih 09.27 WIB, kemudian masuk pada fase puncak pada pukul 10.55 WIB dan memulai fase lepas kontak pada 12.22 WIB. Gerhana matahari ini terlihat kurang lebih selama dua jam 54 menit.

Bengkulu

BMKG Stasiun Geofisika Kepahiang menyebutkan bahwa gerhana matahari hibrida terlihat sebagian di Bengkulu. Gerhana matahari mulai tampak sejak pukul 09.33 hingga 11.54 WIB dan puncak gerhana terlihat pada 10.41 WIB. Gerhana matahari di Bengkulu terlihat sebagian.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...