Daftar Tempat Wisata di Jakarta yang Tutup Lebaran Hari Pertama

Desy Setyowati
20 April 2023, 19:15
lebaran, idul fitri, ragunan
ANTARA FOTO/Fauzan/rwa.
Sejumlah pengunjung melihat gajah di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, Minggu (1/1/2023).

Hasil sidang isbat Kementerian Agama memutuskan, Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran jatuh pada Sabtu (22/4). Ada beberapa tempat wisata yang tutup pada Lebaran hari pertama.

"Ada penyesuaian waktu operasional tempat wisata saat libur Idul Fitri 1444 Hijriah," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi DKI Jakarta Andhika Permata dari keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (20/4).

Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta sebagai pengelola taman (Ruang Terbuka Hijau/RTH) di Jakarta menginformasikan bahwa tempat wisata taman yang tutup saat Lebaran yaitu:

  1. Taman Lapangan Banteng
  2. Taman Margasatwa Ragunan
  3. Tebet Eco Park

Ketiga tempat wisata di Jakarta itu kembali dibuka Lebaran hari kedua, dengan jam operasional sebagai berikut:

  • Taman Lapangan Banteng Pukul 06.00 - 20.00 WIB
  • Taman Margasatwa Ragunan Pukul 07.00 - 16.00 WIB
  • Tebet Eco Park Pukul 08.00 – 17.00 WIB

Andhika menjelaskan, warga Jakarta bisa mengakses tempat wisata melalui situs web jakcation.id. Di dalamnya memuat informasi seperti gambaran lokasi wisata, harga tiket masuk, aktivitas dan atraksi, paket tur, tempat menginap hingga pilihan moda transportasi, seperti MRT, TransJakarta, dan KRL Commuter Line.

Paket-paket wisata yang disediakan merupakan hasil koordinasi Disparekraf DKI Jakarta dengan Asosiasi Travel Agent Indonesia (ASTINDO), Indonesian Hotel General Manager Assosiation (IHGMA), Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI), Teman Parekraf Nasional (TEPANAS) dan Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI).

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga mengimbau kepada warga yang akan berkunjung ke tempat wisata untuk menggunakan transportasi publik agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di lokasi.

Warga diimbau menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya, tidak merusak/mencoret-coret fasilitas yang ada dan ikut bertanggung jawab dalam memelihara tempat wisata dengan baik.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...