Menhub Ingatkan Operator Cepat Antisipasi Macet di Pelabuhan Merak

Ameidyo Daud Nasution
20 April 2023, 19:46
pelabuhan merak, mudik, lebaran, macet, mudik
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww.
Foto udara sejumlah mobil pribadi dan bus berisi pemudik antre menaiki kapal di Pelabuhan Merak, Banten, Kamis (20/4/2023).

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan arus mudik ke wilayah Sumatera lewat jalur laut pelabuhan Merak-Bakauheni pada H-2 lebaran, Kamis (20/4) terpantau padat. Kepadatan arus mudik secara umum lebih terasa di Pelabuhan Merak, Banten.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta adanya pengendalian volume kendaraan dengan kapasitas yang mampu ditampung (V/C Ratio) agar tetap di bawah angka 1. Semakin kecil angka C/C Ratio artinya kepadatan semakin terurai.

Advertisement

“Kalau V/C Ratio sudah 0,8 itu artinya sudah warning. Dalam dua hari terakhir ini di Pelabuhan Merak sudah mencapai 0,85,” kata Budi dalam siaran pers.

Budi juga memberikan catatan kepada otoritas Pelabuhan Merak jika telah terjadi kepadatan pemudik. Operator diminta mengalihkan kendaraan mobil dan bus ke Pelabuhan Ciwandan dan BBJ atau sebaliknya. Selain itu, titik-titik rest area juga perlu dimaksimalkan untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan.

Budi meminta PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) untuk memberikan peringatan dini agar V/C Ratio bisa tetap terkendali. Menurutnya, keberhasilan dalam mengendalikan kepadatan kendaraan di Tol Cipali dengan early warning campaign dan traffic counting berperan penting dalam mengurai kemacetan di Pelabuhan Merak.

"Sehingga Korlantas bisa segera mengambil keputusan,” ujar Budi.

Eks Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol itu juga mendorong petugas agar lebih mengantisipasi kepadatan angkutan barang yang sempat terjadi di Pelabuhan Ciwandan beberapa waktu lalu. Menurutnya, kepadatan bisa lebih parah apabila tidak ada upaya antisipasi di waktu mendatang.

Terjadinya antrian truk disebabkan oleh pelaksanaan SOP e-ticketing yang belum berjalan baik. Truk yang belum memiliki e-ticket sudah melakukan boarding dan telah mengantri di pelabuhan sehingga mengakibatkan kepadatan. Selain itu, adanya sejumlah sopir truk yang enggan diarahkan ke Pelabuhan Panjang dengan alasan lebih jauh.

Berdasarkan data dari ASDP, total penumpang yang menyeberang dari Jawa ke Sumatera mulai dari H-10 hingga H-4 tercatat 470.495 orang. Angka itu naik 7% dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 440.062 orang.

Sementara, untuk total kendaraan yang telah menyeberang tercatat 109.468 unit. Angka ini naik 3% dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 106.090 unit.

Sedangkan, jumlah penumpang yang menyeberang dari Sumatera ke Jawa mulai dari H-10 hingga H-4 tercatat 265.411 orang, atau naik 10% dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 240.939 orang.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement