PDIP Resmi Usung Ganjar, Prabowo Akan Bertemu dengan Megawati

Ameidyo Daud Nasution
21 April 2023, 17:21
prabowo, ganjar, pdip
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat panen di Kebumen, Jateng, Kamis (9/3). Foto: Youtube/'Sekretariat Presiden.

Sejumlah partai politik mulai merespons keputusan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang menyalonkan Gajar Pranowo sebagai calon presiden. Partai Gerindra mengatakan hal tersebut lumrah.

Anggota Dewan Pembina Gerindra, Andre Rosiade mengatakan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto akan berkomunikasi dengan parpol lain. Salah satu yang diajak berbicara adalah Megawati Soekarnoputri.

"Bicara dinamika koalisi, kita tunggu pertemuan para ketua umum, termasuk rencana pertemuan Pak Prabowo dengan Bu Mega," kata Andre pada Jumat (21/4) dikutip dari Antara.

Andre mengatakan keputusan PDIP memajukan Ganjar hal yang wajar. Apalagi partai politik merupakan lembaga kaderisasi.

Meski demikian, Gerindra tetap akan mengusung Prabowo sebagai bakal capres pada 2024. Ini merupakan hasil Rapat Pimpinan Nasional partai tersebut pada Agustus 2022.

"Yang jelas Gerindra mengusung calon presiden, bukan calon wakil presiden," kata Andre.

Sedangkan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyatakan pengumuman PDIP ini jadi pertimbangan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) mengumumkan bakal capres dan wakil presiden.

Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid mengatakan Prabowo dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dapat mengumumkan bakal capres yang diusung untuk Pilpres 2024.

"Saya yakin pengumuman PDIP ini menjadi bagian dari pertimbangan sekaligus membaca langkah ke depan," kata Jazilul.

Jazilul berharap bakal capres dan cawapres segera diputuskan terlebih dulu ketimbang koalisi besar. Hal ini karena koalisi itu masih menjadi wacana.

"Lebih baik Pak Prabowo dan Gus Muhaimin menjalankan apa yang menjadi mandat dalam piagam kerja sama politik," katanya.

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...