Wapres, Anies, Sandi, dan JK Sholat Idul Fitri di Masjid Istiqlal

Amelia Yesidora
22 April 2023, 10:32
Idul Fitri, sholat, shlat ied
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/nym.
Wakil Presiden Ma'ruf Amin (kanan) dan Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla melaksanakan Shalat Tahiyatul Masjid sebelum melaksanakan Shalat Idul Fitri di Masjid Istiqlal, Jakarta, Sabtu (22/4/2023). Pemerintah menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 H pada Sabtu (22/4).

Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan berbagai tokoh lain terpantau melaksanakan Sholat Idulfitri 1444 Hijriah di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Sabtu (22/4). Ma’ruf Amin datang bersama Ibu Wury Ma’ruf Amin.

Mantan ketua Majelis Ulama Indonesia ini tiba dengan jas biru navy, kopiah hitam, dan sarung kotak-kotak biru. Ia berdiri di baris paling depan, di antara mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla dan khatib Asep Saepudin Jahar. Sebelum salat dimulai, Ma’ruf sempat mengumandangkan takbir selama sekitar 10 menit. 

Di barisan itu juga hadir Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, Ketua Mahkamah Agung H. M. Syariffudin, hingga mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Sejumlah menteri pun Shalat Id di Masjid Istiqlal, mulai dari Menteri ESDM Arifin Tasrief, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, juga Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi. 

Salat Id di Istiqlal dimulai pada pukul 07.00 WIB, dipimpin oleh Imam Ahmad Muzakkir Abdurrahman selaku Imam Rawatib Masjid Istiqlal. Khatib yang membawakan khutbah tahun ini adalah rektor Universitas Islam Negeri Jakarta Asep Saepudin Jahar. 

Adapun masjid terbesar se-Indonesia itu menyiapkan ruang bagi 250.000 jemaah yang melaksanakan shalat Idulfitri 1444 Hijriah. Jemaah bisa melaksanakan shalat hingga ke lantai empat.

Jemaah bisa masuk lewat Pintu Al-Ghaffar, Al-Aziz, Al-Fattah, dan Al-Mukmin. Sementara untuk tamu khusus seperti menteri, duta besar, dan pejabat lainnya, bisa masuk lewati Pintu Al-Salam. 

"Masjid Istiqlal akan ramai dikunjungi orang karena sudah sekian lama pasca-renovasi, baru kali ini kita melakukan Shalat Idul Fitri terbuka di Istiqlal," kata Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin dalam keterangan tertulis, Jumat (21/4)

Nasaruddin juga menjelaskan pihaknya sudah menyediakan fasilitas penunjang shalat Idulfitri, seperti menambah tempat wudhu, menyiapkan pemadam kebakaran, ambulans, hingga penitipan barang.

Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...