Cara Aman Konsumsi Mi Instan, Cocok untuk Balita dan Dewasa

Aditya Widya Putri
29 April 2023, 13:24
Indomie Rasa Ayam Spesial yang diperiksa di Taiwan
Departemen Kesehatan Taiwan via Taiwannews.com
Indomie Rasa Ayam Spesial yang diperiksa di Taiwan

Mi instan tak selamanya buruk, makanan ini dapat dijadikan selingan sarapan atau makan malam, bahkan dapat dikonsumsi oleh anak usia lebih dari 1 tahun untuk mengenalkan cita rasa. Namun konsumsi mi instan harus disesuaikan dengan aturan gizi seimbang.

"Industri mi Indonesia mengenalkan banyak cita rasa makanan lokal, ada ayam geprek, rendang. Kalau anak-anak tidak coba, nanti jadi nggak mengenal cita rasa Indonesia. Selagi tidak berlebihan dan tidak monoton itu tidak apa-apa” kata Guru Besar Ilmu Gizi Institut Pertanian Bogor (IPB) sekaligus Ketua Umum Pergizian Pangan Indonesia, Hardiansyah seperti dilansir Antara, Sabtu (29/4).

Apalagi, lanjut Hardiansyah, pemerintah mewajibkan terigu sebagai bahan baku mi untuk produk lokal mengandung zat besi, asam folat, B1, B2 dan zinc.

"Jadi bukan sembarang terigu yang beredar di Indonesia," tambahnya.

Namun ditambahkan Kepala Instalasi Gizi dan Produksi Makanan RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo Fitri Hudayani, mi instan pada anak harus disesuaikan dengan membuat takaran bumbu lebih sedikit atau membuat bumbu sendiri.

"Bumbu pabrik cenderung tinggi rasa asin dan gurih. Jika terlebih dahulu mengenal rasa asin dan gurih yang lebih tinggi khawatir makanan rumahan lainnya menjadi kurang disukai," kata Fitri.

Kiat mengonsumsi mie instan secara aman, salah satunya memperhitungkan asupan agar tidak kelebihan karbohidrat. Nilai gizi satu bungkus mie instan, tanpa minyak, setara dengan 150 gram nasi, sehingga tidak perlu menambahkan kerupuk atau makanan asin serta berlemak lain.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...