Jasa Marga Perpanjang One Way dari Tol Kalikangkung ke Cikampek

Syahrizal Sidik
29 April 2023, 22:15
Jasa Marga Perpanjang One Way dari Tol Kalikangkung - Cikampek
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/hp.
Petugas melakukan sterilisasi lajur tol Cipali Arah Jateng menuju Jakarta di Palimanan, Cirebon, Jawa Barat.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) memberlakukan kebijakan perpanjangan jalur satu arah atau one way dari KM 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang sampai Km 72 GT Cikampek.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana mengungkapkan, kebijakan tersebut mulai berlaku sejak Sabtu malam (29/4) pukul 20.35 WIB atas diskresi kepolisian.

"Hal ini mempertimbangkan volume lalu lintas kendaraan yang meningkat signifikan dari arah Timur  menuju Jakarta sejak pagi hari serta memperhatikan jumlah kendaraan dari Jakarta menuju Timur yang masih kecil, pantauan visual CCTV dan laporan petugas kepolisian di lapangan," kata Lisye, dalam keterangan resminya.

Pemberlakuan ini dilakukan dengan memastikan jalur sebaliknya (menuju timur) telah steril sehingga tidak ada pengguna jalan yang terjebak dalam perjalanan dari Cikampek sampai Semarang. Pembersihan lajur dilakukan sejak pukul 19.35 sampai dengan 20.35 WIB.

Sementara itu, rekayasa lalu lintas lainnya yang saat ini berlaku di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta adalah contraflow dua lajur dari Km 72 sampai dengan Km 47.

Lisye menambahkan, bagi pengguna jalan dari arah Jakarta yang menuju arah Cikampek/arah Timur akan dialihkan ke GT Cikampek Km 72 untuk melanjutkan perjalanannya melalui jalan nasional Pantura. Sedangkan, untuk rute pengguna jalan dari arah Jakarta menuju arah Bandung masih berlaku normal.

Untuk memaksimalkan kapasitas transaksi di GT Cikampek Utama menuju arah Jakarta saat pemberlakuan one way, Jasa Marga mengoperasikan total 28 gardu tol serta penambahan 20 unit mobile reader untuk memaksimalkan transaksi pengguna jalan yang menuju arah Jakarta.

Lisye juga mengimbau pengguna jalan yang masih belum melakukan perjalanan kembali ke Jabotabek agar selalu berhati-hati dalam berkendara dan mematuhi rambu-rambu dan mengikuti arahan petugas di lapangan.

Selain itu, pengguna juga diimbau menyiapkan kecukupan saldo e-toll minimal Rp 500.000 untuk perjalanan dari Semarang ke Jakarta untuk menghindari kekurangan saldo saat melakukan transaksi di GT Cikampek Utama.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...