Daftar Pekerjaan Paling Dicari di Dunia Selama 2018 – 2022

Desy Setyowati
1 Mei 2023, 15:54
daftar pekerjaan paling dicari
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.
Beberapa pekerja kantor berjalan pulang di jalan Sudirman, Jakarta, Jumat (24/3/2023).

Bank Dunia meluncurkan laporan bertajuk The Future of Jobs Report 2023. Salah satunya memuat tentang daftar pekerjaan paling dicari atau mencatatkan pertumbuhan tercepat di dunia selama 2018 – 2022.

Laporan tersebut berdasarkan survei terhadap 803 perusahaan di dunia dari 27 sektor industri dan 45 ekonomi. Perusahaan-perusahaan yang disurvei ini total memiliki lebih dari 11,3 juta pekerja.

Bank Dunia meluncurkan laporan terkait pekerjaan sejak 2016. Studi kali ini merupakan edisi keempat.

“Bagi orang-orang di seluruh dunia, tiga tahun terakhir telah diisi dengan pergolakan dan ketidakpastian kehidupan dan mata pencaharian mereka karena adanya Covid-19,” ujar Managing Director World Economic Forum Saadia Zahidi dikutip dari keterangan pers, Senin (1/5).

Berikut daftar pekerjaan paling dicari atau yang mencatatkan pertumbuhan tercepat di dunia selama 2018 – 2022 versi Bank Dunia:

Daftar pekerjaan dengan pertumbuhan tercepat di dunia selama 2018 - 2022
Daftar pekerjaan dengan pertumbuhan tercepat di dunia selama 2018 - 2022 (LinkedIn dan Bank Dunia)

Namun “perubahan geopolitik dan ekonomi, dan kemajuan pesat kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI) dan teknologi lainnya sekarang berisiko menambah lebih banyak ketidakpastian,” tambah Zahidi.

“Kabar baiknya bahwa ada jalan yang jelas ke depan untuk memastikan ketahanan. Pemerintah dan bisnis harus berinvestasi dalam mendukung peralihan ke pekerjaan masa depan melalui struktur pendidikan, keterampilan ulang, dan dukungan sosial yang dapat memastikan individu berada di jantung pekerjaan masa depan.”

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...