BPS Catat 26 Juta Pergerakan Mudik Lebaran 2023, Ini Daerah Tujuannya

Abdul Azis Said
2 Mei 2023, 12:16
BPS, arus mudik, mudik lebaran, lebaran
Muhammad Zaenuddin|Katadata
BPS mencatat. perjalanan didominasi oleh angkutan pribadi melalui jalan tol dan arteri yang mencapai 9,97 juta pergerakan.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat terdapat 26 juta pergerakan mudik lebaran tahun ini, naik 45% dibandingkan tahun lalu. Arus mudik meningkat di tengah pencabutan kebijakan pembatasan Covid-19 mulai akhir tahun lalu.

"Kalau dicermati, berdasarkan informasi yang diperoleh, kota tujuan mudik tahun ini terbesar di provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur dan sebagian di wilayah pulau Sumatera," kata Kepala BPS Margo Yuwono dalam konferensi pers, Selasa (2/5).

Advertisement

Perjalanan didominasi oleh angkutan pribadi melalui jalan tol dan arteri yang mencapai 9,97 juta pergerakan. Jumlah pergerakan melalui tol dan arteri pada lebaran tahun ini melonjak 176% dibandingkan Lebaran tahun lalu. 

Pergerakan melalui moda lainnya juga naik. Pergerakan melalui sungai, danau, dan penyeberangan (ASDP) naik 4% menjadi 4,5 juta pergerakan. Pergerakan melalui laut juga naik 3% menjadi 1,43 juta.

Jumlah pergerakan menggunakan angkutan udara tercatat 4,45 juta atau naik 27% dibandingkan tahun lalu. Pergerakan mudik menggunakan kereta api juga naik 29% menjadi 2,89 juta. Sementara itu, pergerakan melalui jalur darat turun 3% menjadi 3,31 juta.

Data BPS tersebut diolah berdasarkan data Departemen Perhubungan untuk periode arus mudik yakni H-8 hingga H2 lebaran. Data ini juga termasuk pergerakan selama arus balik yakni H2 sampai H+8 lebaran.

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement