Diskon Tarif Tol Dinilai Kurangi Kemacetan Arus Mudik - Balik Lebaran

Nadya Zahira
2 Mei 2023, 12:49
Sejumlah kendaraan melintasi Jalan Tol Palimanan-Kanci (Palikanci) di Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (29/4/2023).
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/foc.
Sejumlah kendaraan melintasi Jalan Tol Palimanan-Kanci (Palikanci) di Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (29/4/2023).

Beberapa Badan Usaha Jalan Tol atau BUJT mengikuti arahan pemerintah untuk memberi diskon tarif jalan tol untuk melancarkan arus mudik dan balik Lebaran 2023. Rata-rata diskon tarif jalan tol hingga 20% selama masa mudik dan balik lebaran.

Juru Bicara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR Endra S. Atmawidjaja mengatakan diskon tarif tol tersebut berhasil mengurangi kemacetan pada arus mudik dan balik lebaran 2023. Alasannya, kemacetan pada arus mudik dan balik Lebaran pada tahun ini menurun dibandingkan tahun sebelumnya.

"Diskon tarif tol ini tujuan utamanya memang untuk memecah kemacetan, dan terbukti berhasil. Kemacetan pada arus mudik dan balik di tahun ini tidak setinggi pada tahun sebelumnya," ujar Endra saat ditemui di Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa (2/5).

Endra menuturkan diskon tarif tol tersebut tidak merugikan operator jalan tol karena pihak tersebut sudah menghitung dan mengkalkulasi keuntungan yang bisa didapatkan. Selain itu, diskon tarif tol ini juga dapat mengurangi biaya mudik.

"Masyarakat yang mudik tentu membutuhkan biaya yang besar, jadi adanya diskon tarif tol ini pemerintah membantu mengurangi biaya pemudik, tapi tujuan utamanya untuk mengurangi kepadatan lalu lintas," kata Endra.

Sementara itu, Badan Pengatur Jalan Tol atau BPJT Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR memperpanjang diskon tarif Jalan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC) hingga 31 Mei 2023. Rencana awalnya, diskon tersebut diberikan khusus untuk mendukung kelancaran selama periode arus mudik dan balik 2023.

Kabar baik untuk pengguna Jalan Tol Cibitung-Cilincing, diskonnya diperpanjang dari 1 Mei 2023 pukul 00.00 WIB sampai 31 Mei 2023 pukul 24.00 WIB," tulis BPJT dalam akun Instagramnya @pupr_bpjt, dikutip Selasa (2/5).

BPJT juga menginformasikan, Tol Cibitung-Cilincing Seksi 4 Segmen Tarumajaya-Cilincing juga masih beroperasi tanpa tarif atau gratis.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...