Kronologi dan Nasib Korban Penembakan Kantor MUI, Indikasi Terorisme?

Ira Guslina Sufa
2 Mei 2023, 16:17
Kantor MUI ditembak
ANTARA FOTO/ Asprilla Dwi Adha/tom.
Anggota polisi memasang garis polisi di tempat kejadian perkara (TKP) dugaan penembakan di Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, Jakarta, Selasa (2/5/2023).

Insiden penembakan terjadi di Kantor Majelis Ulama Indonesia di Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, pada Selasa siang (2/5). Aksi penembakan terjadi pada pukul 10.30 WIB.

Akibat penembakan kaca menuju pintu masuk kantor MUI pecah. Adapun dua orang pegawai mengalami luka-luka. Sekjen MUI Amirsyah Tambunan mengatakan tidak mengetahui motif pelaku. 

Ketua Bidang Fatwa MUI Asrorun Ni'am Sholeh mengatakan insiden penembakan terjadi saat pengurus melaksanakan rapat pimpinan rutin. Menurut Niam saat itu pengurus MUI sedang membahas persiapan pelaksanaan halal bihalal dan upaya merajut kebersamaan setelah Idul Fitri. 

Niam mengatakan insiden penembakan berlangsung begitu cepat dan setelah insiden terjadi rapat masih berlanjut. Menurut dia pelaku sempat mendaftar pada resepsionis. Setelah itu pelaku menembakkan senjatanya tiga kali.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto saat ditemui di Kantor MUI Pusat, Menteng menjelaskan awal mula kejadian penembakan itu. Menurut dia pelaku awalnya masuk melewati pintu gerbang depan untuk bertemu ketua MUI.

 "Ada orang tidak dikenal telah melewati pintu gerbang depan ingin bertemu dengan ketua MUI namun karena tidak dijelaskan untuk kepentingannya apa, darimana maka dia ditahan dulu," kata Karyoto. 

Setelah itu pelaku mengeluarkan senjata dan melakukan penembakan. Korbannya ada satu orang. Menurut Karyoto korban tertembak di bagian punggung. Sedangkan tersangka keluar dan oleh karyawan dikejar dan diamankan. 

Pelaku Tewas

Usai aksi penembakan aparat keamanan langsung mengambil tindakan. Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin mengungkapkan terduga pelaku meninggal dunia di lokasi kejadian.

"Pelaku sudah meninggal," kata Komarudin saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.

Komarudin menjelaskan, dari laporan awal, pelaku penembakan berjumlah satu orang dengan barang bukti satu buah pistol.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...