Presiden Partai Buruh Said Iqbal Jelaskan Alasan Cium Tangan Ganjar

Andi M. Arief
4 Mei 2023, 16:43
partai buruh, ganjar, said iqbal
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/YU
Presiden Partai Buruh Said Iqbal, memimpin massa simpatisan partai saat aksi unjuk rasa di Jalan Medan Merdeka Barat, kawasan Patung Arjuna Wiwaha, Jakarta, Sabtu (14/1/2023).

Presiden Partai Buruh Said Iqbal angkat bicara soal foto dirinya yang mencium tangan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Said membenarkan peristiwa tersebut yang terjadi di Kantor Perwakilan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Jakarta Selatan.

Said menjelaskan dirinya dididik untuk mencium tangan orang yang masuk ke tiga golongan yakni, orang berilmu, orang tua, dan orang yang bekerja untuk negara. Menurutnya, Ganjar masuk kepada golongan terakhir karena masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah.

"Kalau itu disebut feodal, saya akan teruskan. Enggak apa-apa disebut feodal. Kami diajari tentang tidak boleh memandang status orang," kata Said dalam konferensi pers virtual, Kamis (4/5).

Sebagai informasi, Said mengunjungi Ganjar di daerah Dharmawangsa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Senin (1/5) usai memperingati Hari Buruh Internasional. Said datang bersama beberapa delegasi dari konfederasi serikat buruh, termasuk Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia Andi Gani Nena Wea.

Said menjelaskan kunjungannya malam itu berasal dari ajakan Andi Gani. Menurutnya, kedatangannya malam itu datang sebagai pribadi, tidak sebagai perwakilan organisasi buruh maupun Partai Buruh.

"Saya enggak pakai atribut KSPI maupun atribut Partai Buruh. Di sana ketemu membahas dampak negatif Undang-Undang Cipta Kerja, khususnya ketenagakerjaan," kata Said.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...