Update Klasemen Sea Games 2023: Kamboja Pemuncak, RI Posisi Tiga

Ameidyo Daud Nasution
8 Mei 2023, 18:29
sea games 2023, klasemen sea games, medali emas
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/YU
Pevoli putra Indonesia Nurmulki Rivan (kiri) melakukan smes ke arah Timnas Voli putra Vietnam Nguyen Ngoc Thuan (kanan) saat pertandingan semi final voli SEA Games 2023 di Phnom Penh, Kamboja, Minggu (7/5/2023).

Penyelenggaraan Sea Games 2023 telah memasuki hari ketiga. Hingga hari ini, tuan rumah Kamboja masih memuncaki klasemen dengan perolehan 32 medali emas.

Dalam laman resmi Sea Games, tuan rumah juga berhasil mengumpulkan 27 medali perak dan 27 perunggu. Total medali yang dikumpulkan Kamboja mencapai 86 keping.

Sedangkan Indonesia berada di posisi ketiga klasemen. Jumlah medali emas Indonesia sebenarnya sama dengan Thailand yang berada di posisi kedua yakni 20. Meski demikian, Negeri Gajah Putih berhasil mendapatkan medali perak lebih banyak yakni 18 berbanding 14 yang dimiliki RI.

Di bawah Indonesia adalah Vietnam dengan 17 medali emas, Filipina dengan 15 emas, Singapura 10 emas, dan Malaysia dengan 8 emas. Adapun Timor Leste berada di dasar klasemen dengan perolehan dua perunggu.

Penyumbang besar medali untuk Kamboja adalah cabang olahraga Kun bokator dan Vovinam. Mereka mendapatkan total 13 medali emas dari dua olah raga bela diri tersebut.

Sedangkan peyumbang medali terbanyak bagi Indonesia adalah sepeda dengan empat emas, Kun bokator dengan tiga emas, serta atletik dengan perolehan tiga emas.

Medali emas terbaru disumbang pebalap sepeda putri Indonesia Dara Latifah. Dikutip dari Antara, Atlet yang lahir pada 18 April 2003 itu menjadi pemuncak pada nomor Cross Country Eliminator (XCE) di Kulen Mountains, Siem Reap.

Di final, Dara mengalahkan Ariana Patrice Evangelista asal Filipina serta Warinthorn Phtpraphan dan Vivapee Deekaballes asal Thailand.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...