Klasemen Sea Games 2023: Indonesia Kembali Naik ke Posisi Empat

Ameidyo Daud Nasution
10 Mei 2023, 18:39
sea games, medali emas, olahraga
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/nz
Pesilat putra Indonesia Iqbal Chandra Pratama (kanan) melancarkan tendangan ke pesilat putra Malaysia M Shahrul Zeckry S (kiri) saat bertanding pada nomor tanding putra Class F, SEA Games 2023 di Chroy Changvar International Convention & Exhibition Center, Phnom Penh, Kamboja, Rabu (10/5/2023).

Posisi Indonesia di Sea Games 2023 kembali membaik pada Rabu (10/5) sore usai merosot ke posisi lima tadi pagi. Indonesia kembali ke ranking empat dengan perolehan 32 medali emas.

Vietnam memuncaki klasemen sementara dengan perolehan 47 medali emas. Sedangkan tuan rumah Kamboja berada di posisi kedua dengan torehan 46 emas. 

Thailand berada di posisi ketiga dengan perolehan 44 medali emas. Adapun, posisi tuan rumah Kamboja merosot meski sempat merajai klasemen hingga Selasa (9/5).

Cabang olahraga penyumbang medali emas terbanyak Indonesia adalah Pencak silat dengan sembilan medali. Di bawahnya adalah bersepdda dan atletik yang sama-sama menyumbangkan empat medali emas.

Pagi tadi, posisi Indonesia sempat disalip Filipina. Namun, saat ini Filipina kembali berada di peringkat lima dengan torehan 26 medali emas.

Dikutip dari Antara, medali emas terbaru tim Garuda disumbangkan atlet soft tenis Dwi Rahayu Pitri. Ia mengalahkan atlet Filipina Noelle Niki dalam final nomor tunggal putri soft tenis di Olympic Stadium, Phnom Penh sore ini.

Tim Indonesia juga masih berpotensi menambah pundi-pundi emasnya setelah tim bulu tangkis beregu putri Indonesia lolos ke final. Mereka lolos ke partai puncak usai menyingkirkan Filipina dengan skor 3-0.

Begitu pula tim voli putri Indonesia masih berpotensi untuk lolos ke semifinal setelah mereka mengalahkan Malaysia dengan kemenangan tiga set yakni 25-19, 25-9. dan 25-12 dalam penyisihan.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...