Strategi PAN Membidik Pemilih Muda di Pemilu 2024

Muchamad Nafi
17 Juni 2023, 07:15
Strategi PAN Membidik Pemilih Muda di Pemilu 2024
ANTARA FOTO/Anis Efizudin/aww.
Warga mencari namanya pada papan pengumuman daftar pemilih sementara (DPS) Pemilu serentak 2024 di balai Desa Muntung, Candiroto, Temanggung, Jawa Tengah, Jumat (5/5/2023).

Komisi Pemilihan Umum menyatakan orang yang berhak mencoblos pada pemilihan umum 2024 diperkirakan 187 juta jiwa. Mayoritas, sekitar 60 % dari jumlah tersebut, merupakan kelompok muda, terutama dari generasi milenial dan Gen Z yang lima tahun lalu belum berhak menentukan suaranya.

Tak heran partai-partai politik dan calon presiden sudah berancang-ancang membidik kelompok yang mulai meninggalkan masa belia ini. Aneka strategi dibangun, seperti memaksimalkan peran media sosial. Hal ini yang tengah digarap Partai Amanat Nasional.

Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno mengatakan partainya akan menyesuaikan dengan perkembangan digital yang begitu pesat. “Salah satu strateginya, bagaimana kami mampu berkomunikasi dengan kaum milenial melalui media sosial, juga dalam bahasa yang mereka gunakan,” kata Eddy saat wawancara khusus dengan Katadata.co.id dua pekan lalu.

Karena itu, pengurus teras partai dengan logo matahari putih ini mewajibkan semua anggota Dewan PAN wajib memiliki media sosial. Di platform ini pula mereka dituntut untuk berkomunikasi dengan baik dengan para pemilih muda.

Kedua, seluruh kader PAN, termasuk yang duduk di parlemen dituntut untuk membuat kegiatan-kegiatan yang langsung menyentuh aspirasi kaum muda. Sebagai contoh, partainya menangkap kegelisahan generasi milenial mengenai pembiayaan untuk membeli rumah. “Itu menjadi salah satu titik sentral yang perlu kami gali lebih lanjut,” ujar Eddy.

Selain itu, sebenarnya ada isu lain yang tak luput dari sorotan, yakni ketersediaan lapangan kerja dan harga kebutuhan bahan pokok. “Dari hasil survei internal, banyak pemilih pemula ingin mendengar apa yang bisa dilakukan oleh para politisi agar mereka bisa mendapat kemudahan untuk membeli tempat tinggal,” katanya.

Untuk menggaet suara pemilih muda, partai yang sekarang dinakhodai Zulkifli Hasan ini juga merekrut sejumlah kalangan yang dekat dengan kehidupan mereka, seperti para selebritas. Mereka yang masuk jajaran “Blue Squad” ini diharapkan menjadi mesin partai yang efektif menjaring suara. 

Halaman:
Reporter: Tim Redaksi Katadata
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...