Satu dalam Cita Dorong Kota Solo Jadi Pusat Industri Kreatif

 Zahwa Madjid
22 Juni 2023, 16:37
Satu dalam Cita Dorong Kota Solo Jadi Pusat Industri Kreatif
Katadata
CEO & Co-Founder Katadata Metta Dharmasaputra (kedua dari kiri), KGPAA Mangkoenagoro X (ketiga dari kiri), dan EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F Haryn (paling kanan) dalam konferensi pers Satu dalam Cita di Pura Mangkunegaran, Solo, Kamis (22/6).

Titimangsa, Katadata, dan Pura Mangkunegaran, Solo bersama PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mempersembahkan kolaborasi ‘Satu dalam Cita’ yang digelar di Solo, Jawa Tengah pada 24-25 Juni 2023.

Kolaborasi ini terdiri atas pertunjukan Sudamala: Dari Epilog Calonarang, Pasar Kangen, Sudamala Tour, Royal Heritage Dinner, Ruwat Bumi Pura Mangkunegaran, dan lokakarya kesenian di Pura Mangkunegaran, Solo.

Advertisement

CEO & Co-Founder Katadata Metta Dharmasaputra berharap melalui kolaborasi ini, Kota Solo dapat menjadi kota digital termaju di Indonesia. Bahkan Solo menurutnya memiliki potensi besar untuk menjadi pusat industri kreatif budaya dan digital berskala internasional.

“Solo ditetapkan oleh UNESCO sebagai kota kreatif sejak lama. Dengan pementasan ini kami berharap Kota Solo menjadi pusat terbaik untuk industri kreatif budaya dan digital di Indonesia,” ujar Metta dalam konferensi pers 'Satu dalam Cita' di Pura Mangkunegaran, Solo, Kamis (22/6).

Dalam kesempatan yang sama, KGPAA Mangkoenagoro X mengatakan bahwa pagelaran ‘Satu dalam Cita’ adalah kolaborasi yang saling mendukung satu sama lain. Ia optimistis dapat membangun Mangkunegaran ini menjadi suatu wadah kebudayaan yang bisa berdampak kepada masyarakat. 

Selain itu dapat menghubungkan kembali Mangkunegaran dengan kerajaan-kerajaan atau pusat kebudayaan lainnya di seluruh Indonesia,

“Hubungan masa lalu ini bukan hanya untuk dikenang, tapi jadi modal untuk kami kedepannya,” ujar KGPAA Mangkoenagoro X.

Wisata kebudayaan saat ini menjadi aset terbesar Kota Solo. Bahkan ia meyakini jika sektor wisata ini bisa dikembangkan dan dikelola dengan baik, ke depannya bisa menjadi potensi yang bisa menarik wisatawan dari seluruh belahan dunia.

Halaman:
Reporter: Zahwa Madjid
Editor: Lona Olavia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement