Kapal Selam Wisata Titanic Meledak, OceanGate Sebut 5 Penumpang Tewas

Ira Guslina Sufa
23 Juni 2023, 07:07
Ekspedisi kapal selam OceanGate Expeditions saat mengunjungi reruntuhan Titanic.
Youtube OceanGate Expeditions
Ekspedisi kapal selam OceanGate Expeditions saat mengunjungi reruntuhan Titanic.

Kapal selam laut Titan yang membawa lima orang penumpang dalam pelayanan ke bangkai kapal Titanic ditemukan dalam potongan kecil akibat ledakan besar pada Kamis (22/6). Kejadian itu diyakini menewaskan lima orang penumpang yang berada di dalam kapal selam.

Mengutip pemberitaan Reuters, Laksamana Muda Penjaga Pantai AS John Mauger mengatakan temuan terbaru itu mengakhiri pencarian multinasional selama lima hari yang telah dilakukan. Temuan ledakan dipastikan setelah sebuah kendaraan selam robot yang dikerahkan dari sebuah kapal Kanada. 

John Mauger mengatakan puing kapal selam Titan ditemukan di dasar laut sekitar 1.600 kaki (488 meter) dari haluan Titanic, 2 1/2 mil (4 km) di bawah permukaan, di sudut terpencil Atlantik Utara. 

Kapal itu membawa empat miliarder dan penjelajah Inggris Hamish Harding (58 tahun), Pengusaha kelahiran Pakistan Shahzada Dawood (48 tahun) dan putranya Suleman (19 tahun). Penumpang lain yang dipastikan tewas adalah ahli kelautan Perancis dan ahli Titanic terkenal Paul-Henri Nargeolet (77 tahun) yang telah mengunjungi bangkai kapal itu puluhan kali.

Kabar meledaknya kapal selam Titan dikonfirmasi oleh OceanGate. OceanGate merupakan perusahaan yang bertanggung jawab mengadakan tur kapal selam untuk melihat bangkai kapal Titanic di dasar laut Samudra Atlantik. Dalam keterangan resminya, OceanGate mengatakan keyakinan mereka bahwa penumpang kapal selam tewas. 

“Orang-orang ini adalah penjelajah sejati yang memiliki semangat petualangan yang berbeda, dan hasrat mendalam untuk menjelajahi dan melindungi lautan dunia,” tulis OceanGate seperti dikutip dari CNN International, Jumat (23/6). 

Penyelamatan Kapal Selam Titanic

Tim penyelamat dari beberapa negara telah menghabiskan waktu berhari-hari memindai ribuan mil persegi laut lepas dengan pesawat dan kapal untuk mencari tanda-tanda keberadaan Titan. Mauger mengatakan masih terlalu dini untuk mengetahui kapan Titan meledak. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...