Piala Dunia U-17 dan Konser Coldplay Bentrok, Ini Kata Erick Thohir

Lavinda
Oleh Lavinda
24 Juni 2023, 19:39
Piala Dunia U-17
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/foc.
Ketum PSSI Erick Thohir (tengah) didampingi Waketum PSSI Zainudin Amali (kiri) dan Ratu Tisha (kanan) saat menyampaikan hasil seleksi wasit di GBK Arena, Jakarta, Kamis (22/6/2023).

Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA U-17 tahun 2023 yang akan berlangsung pada 10 November - 2 Desember 2023. Berdasarkan jadwalnya, waktu pelaksanaan acara tersebut bersamaan dengan konser band asal Inggris Coldplay pada 15 November 2023.

Hal ini menjadi perbincangan di kalangan masyarakat karena kedua acara besar tersebut berlangsung di tempat yang sama, yakni Stadion Gelora Bung Karno atau GBK, Senayan, Jakarta. 

Menanggapi kondisi tersebut, Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia atau PSSI Erick Thohir mengatakan agenda Piala Dunia FIFA U-17 tidak mungkin berubah.

Erick juga berharap ketika hari pertandingan Piala Dunia FIFA U-17 berlangsung, lapangan utama Tim Nasional harus dalam keadaan bersih dan terawat. 

"Karena itu kalender resmi, jadi ini yang saya mohon bersama-sama. Saya mengatur kalender dari November itu FIFA match day harus menjadi kalender utama," kata Erick dalam Konferensi Pers Piala Dunia U-17 secara virtual, Sabtu (24/6).

Oleh karena itu, pihaknya telah berkomunikasi dengan Presiden Joko Widodo serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno untuk mencari solusi atas persoalan ini.

"Untuk agenda Piala Dunia U-17 tidak mungkin dimajukan atau dimundurkan. Oleh karena itu saya berkomunikasi dengan Kepala Negara dan banyak menteri, termasuk mas Sandi," ujar Erick.

Dia mengatakan, PSSI dan otoritas terkait akan mencari solusi terbaik bagi seluruh pihak. "Jangan sampai ada benturan-benturan nanti hal-hal yang tadinya positif menjadi negatif. Saya sudah berkomunikasi dengan Sandiaga Uno, beliau juga mendukung untuk mencari solusi," katanya.

Dalam hal ini, Erick menyatakan kedua acara tersebut berdampak baik bagi Indonesia. Dengan demikian, pihak terkait harus mencari solusi yang menguntungkan seluruh pihak, tanpa mendahulukan ego sektoral.

"Saya tidak bisa menyatakan apakah Coldplay mundur atau tetap. Itu harus jadi solusi duduk bersama. Jangan juga central ego bahwa ini yang benar dan anda harus mengalah, tidak, kami cari solusi," ujarnya.

Dia menjelaskan, saat ini Indonesia memiliki lapangan sepak bola besar yang cukup banyak. Beberapa di antaranya ialah Stadion Gelora Bung Tomo, dan Jakarta International Stadium atau JIS. "Kita lihat standarnya sesuai atau tidak, kalau ada kekurangan akan ditambahkan. Intinya ada opsi menjadi hal yang positif bagi saya."

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...