Pasar Kangen di Mangkunegaran Catatkan 15.000 Pengunjung Selama 3 Hari

 Zahwa Madjid
26 Juni 2023, 08:49
Pasar Kangen, mangkunegaran
Katadata/Zahwa Madjid
Pasar Kangen

Pasar Kangen di Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah dihadiri oleh lebih dari 15.000 pengunjung selama tiga hari. Salah satu rangkaian agenda budaya 'Satu dalam Cita' ini dibuka untuk umum di Pamedan Pura Mangkunegaran selama 23 – 25 Juni.

Ada lebih dari 60 pelaku usaha mikro kecil menengah atau UMKM di Solo yang berpartisipasi dalam Pasar Kangen di Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah. Kuliner yang tersedia mulai dari makanan khas Solo hingga jajanan pasar.

Selain itu, ada beragam produk kesenian seperti baju dan kain batik. Bahkan terdapat talkshow, pertunjukan musik keroncong dan stand up comedy.

Pendiri sekaligus Ketua Pasar Kangen Jogja Ong Hari Wahyu menjelaskan, secara ideologis, Pasar Kangen merupakan upaya kedaulatan atau ketahanan pangan. Berawal pada 2007, Ong pertama kali membuka pasar kangen di Yogyakarta.

“Awalnya ide Pasar Kangen muncul ketika 2007, karena anggapan kita pangan adalah kebudayaan. Jadi pangan itu bukan sekadar makanan, tapi juga kebudayaan,” ujar Ong di Pura Mangkunegaran, Solo.

Ia menjelaskan banyak turunan dalam sektor kuliner misalnya, dari sisi petani dan pemerintah. Kemudian dari proses pembibitan, teknologi, pengolahan pangan hingga penjual.

Selain untuk mendukung UMKM kota solo, Pasar Kangen menjadi wadah untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam rangka meningkatkan literasi digital.

Wakil Ketua Umum Siberkreasi Rizki Ameliah mengungkapkan, komunitas budaya membantu dalam rangka meningkatkan literasi digital masyarakat. Caranya, lewat diskusi tentang hoaks dan bagaimana cara memanfaatkan media sosial untuk hal-hal yang positif.

Halaman:
Reporter: Zahwa Madjid
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...