Esok, KKB Ancam Tembak Pilot Susi Air. Kapolda Papua: Kami Tebus Uang!

Aditya Widya Putri
30 Juni 2023, 07:59
Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens di tengah KKB Papua
Reuters
Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens di tengah KKB Papua

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya mengancam akan menembak pilot Susi Air Philips Mark Methrtens (37) pada 1 Juli Mendatang. Kepala Polisi Daerah (Kapolda) Papua menyanggupi tebusan sejumlah uang untuk jamin keselamatan Kapten Philips.

Ancaman penembakan tersebut meluas lewat media sosial. KKB pimpinan Egianus meminta barter pembebasan Philips dengan sejumlah uang, pasokan senjata, dan kemerdekaan. Philip disandera sesaat setelah mendaratkan pesawatnya di Paro, Kabupaten Nduga.`

Memasuki hari ke-122 penyanderaan, Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius Fakhiri menyatakan, siap memenuhi permintaan Egianus kecuali terkait senjata dan kemerdekaan Papua.

"Tidak mungkin kami mengabulkan kedua permintaan itu,” tegas Kapolda Papua Irjen Pol. Fakhiri di Jayapura, Kamis, (29/6).

Saat ini Polda Papua tengah melakukan negoisasi yang melibatkan keluarga KKB, harapannya agar Egianus Kogoya menyerahkan pilot Susi Air yang disandera sejak tanggal 7 Februari lalu. Fakhiri berharap keluarga dapat membantu meyakinkan Egianus agar tidak mengeksekusi tawanannya.

“Untuk uang yang juga diminta akan disiapkan dan diserahkan kepada Egianus Kogoya, asal sandera yang berkebangsaan Selandia Baru itu dibebaskan dan diserahkan ke aparat keamanan," janji Mathius.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...