Gempa Guncang Yogyakarta: Satu Warga Meninggal, Puluhan Rumah Rusak

Lavinda
Oleh Lavinda
1 Juli 2023, 06:12
Gempa
ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/rwa.
Warga menunjukkan rumah yang hancur pascagempa di Pacarejo, Gunungkidul, DI Yogyakarta, Sabtu (1/7/2023).

Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB mencatat satu warga meninggal dunia akibat gempa bumi magnitudo 6,4 di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (30/6) malam. Fenomena alam ini juga mengakibatkan puluhan rumah warga rusak di wilayah Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. 

Berdasarkan informasi terkini sampai Jumat (30/6) malam pukul 23.00 WIB, selain satu warga meninggal dunia, terdapat pula dua warga mengalami luka, yakni di Bantul, Yogyakarta dan Tegal, Jawa Tengah.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan 11 keluarga di Kebumen, Jawa Tengah, turut terdampak gempa bumi, termasuk satu keluarga di antaranya harus mengungsi. Sedangkan di Purbalingga, Jawa Tengah, terdapat 4 keluarga yang totalnya mencapai 15 warga juga ikut terdampak gempa bumi.

Sementara itu, total rumah rusak sebanyak 93 unit dengan tingkat ringan hingga sedang. Berdasarkan sebarannya, terdapat rumah rusak ringan delapan unit dan rusak sedang dua unit di Kebumen. Di Magelang dan Tegal, rumah rusak masing-masing sebanyak satu unit, sedangkan di Purbalingga tercatat rumah rusak empat unit.

Di Jawa Timur, sementara teridentifikasi di Pacitan dengan total rumah rusak sebanyak 28 unit. Di wilayah Yogyakarta terdapat rumah rusak 30 unit di Bantul dan 19 di Gunung Kidul.

Menurut Abdul, BNPB terus melakukan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD terdampak di wilayah Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

"Petugas BPBD setempat masih melakukan pendataan dan penanganan darurat di lapangan," ujar Abdul dalam keterangan tertulis, Jumat (30/6) malam.

Selain tempat tinggal, dampak gempa juga menyasar fasilitas umum seperti tempat ibadah, sekolah, pemerintah, kesehatan, serta jaringan listrik.

Di Kebumen, terdapat kerusakan ringan pada satu fasilitas ibadah dan jaringan listrik. Di Gunung Kidul, satu unit sekolah dan lima unit fasilitas pemerintah rusak. Satu unit fasilitas pendidikan di Bantul dan satu unit fasilitas kesehatan di Kulon Progo juga rusak. Di Pacitan, tercatat empat unit kantor dan dua unit sekolah rusak.

Berdasarkan parameter Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG, gempa magnitudo 6,4 terjadi kemarin malam, pukul 19.57 WIB. Gempa berpusat di 86 km barat daya Bantul, dengan kedalaman 25 km di bawah permukaan laut.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...