Prabowo Sambangi Setneg, Teken Revisi UU Kelautan

Andi M. Arief
6 Juli 2023, 14:14
prabowo, uu kelautan, bakamla
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/hp.
Menteri Pertahanan Proabowo Subianto (kanan) bersama Pangdam III Siliwangi Mayjen Kunto Arief Wibowo (kiri) tiba untuk memberikan pembekalan kepada anggota Babinsa Kodam III Siliwangi di Bandung, Jawa Barat, Selasa (14/3/2023).

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyambangi Kementerian Sekretariat Negara hari ini. Kehadirannya dalam rangka menandatangani Revisi Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2014 tentang Kelautan. Seperti diketahui, revisi beleid tersebut merupakan inisiasi DPR.

Selain Prabowo, lima menteri lainnya diundang ke Kemensetneg untuk menandatangani Draf RUU tersebut. Kelima menteri adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas, dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly.

"Saya tanda tangan, paraf saja. Sudah disiapkan semua dokumennya," kata Prabowo di Gedung Kementerian Sekretariat Negara, Kamis (6/7).

Berdasarkan laman resmi Kementerian Hukum dan HAM, Yasonna mengatakan pemerintah telah mengevaluasi UU Kelautan pada 2016. Menurutnya, UU Kelautan harus direvisi untuk menegakkan hukum di laut.

Oleh karena itu, pemerintah telah memberikan dukungan politik pada DPR untuk mengubah UU kelautan. Untuk diketahui, DPR telah memasukkan RUU Kelautan dalam Program Legislasi nasional 2023.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...