Alasan Gede Pasek Serahkan Ketum PKN untuk Anas Urbaningrum

Ade Rosman
14 Juli 2023, 12:21
Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum (tengah) menyampaikan keterangan kepada wartawan saat keluar dari Lapas Kelas I Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, Selasa (11/4/2023).
ANTARA FOTO/Novrian Arbi/rwa.
Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum (tengah) menyampaikan keterangan kepada wartawan saat keluar dari Lapas Kelas I Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, Selasa (11/4/2023).

Pengesahan Anas Urbaningrum sebagai Ketua Umum Partai Kebangkitan Nusantara atau PKN melalui musyawarah nasional luar biasa atau Munaslub yang diadakan pada Jumat, 14 Juli hingga Minggu, 16 Juli 2023.

Sekretaris Jenderal PKN Sri Mulyono mengatakan, Anas akan menduduki posisi Ketum menggantikan Gede Pasek Suardika yang bergeser menjadi Ketua Majelis Agung PKN.

“Seluruh kader partai yang memiliki hak suara secara aklamasi akan memilih Anas Urbaningrum sebagai Ketua Umum terpilih,” kata Sri dalam keterangannya, dikutip Jumat (14/7).

Ia menyebut Gede Pasek secara sukarela mengalihkan tongkat pimpinan pada Anas. “Aspirasi ini juga menjadi aspirasi kolektif di internal PKN sebagai bagian dari strategi etape ketiga Pemilu 2024 yang dicanangkan PKN sebelumnya,” katanya.

Alasan Gede Pasek Serahkan Jabatan untuk Anas

Gede Pasek menegaskan dirinya menyerahkan secara tulus dan ikhlas posisinya sebagai Ketua Umum PKN kepada Anas Urbaningrum.

"Agar beliau punya tempat, standing untuk memperjuangkan yang selama ini beliau sampaikan," ujarnya.

Menurut dia, dengan menduduki kursi Ketua Umum PKN maka Anas Urbaningrum mempunyai tempat untuk dapat mengartikulasikan klarifikasi yang ingin disampaikannya secara lebih cepat kepada publik.

"Nanti kan ketika beliau sudah punya posisi bisa menyampaikan banyak hal lah. Sambil keliling ke seluruh daerah bisa disampaikan nanti itu, sehingga nanti lebih bagus sambil ke daerah urusan partai, bisa mengartikulasikan apa yang sebenarnya terjadi," ujarnya.

Gede Pasek mengatakan telah menantikan waktu yang pas untuk dapat menyerahkan posisi Ketua Umum PKN kepada Anas Urbaningrum.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...