PDIP Bakal Ajukan Pansus JIS kepada Pimpinan DPRD Pekan Ini

Yuliawati
Oleh Yuliawati
17 Juli 2023, 16:35
Petugas merawat rumput Jakarta International Stadium (JIS) di Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (4/7/2023).
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.
Petugas merawat rumput Jakarta International Stadium (JIS) di Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (4/7/2023).

Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP bakal mengajukan usul pembentukan panitia khusus (pansus) terkait pembangunan Jakarta International Stadium atau JIS kepada pimpinan DPRD DKI Jakarta pekan ini. Anggota DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono mengatakan usulan tersebut tak datang dari komisi melainkan dari fraksi.  

"Minggu ini kami kirim kepada pimpinan Dewan supaya bisa ditindaklanjuti. Mudah-mudahan ini bisa mencairkan polemik yang ada di masyarakat," kata Gembong saat ditemui di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (17/7).

Gembong mengatakan pansus perlu diajukan agar polemik pembangunan JIS bisa diselesaikan secara transparan. Melalui pansus, DPRD juga akan mencari tahu apa yang menyebabkan JIS tidak sesuai dengan standar FIFA.

Dia mengatakan pansus akan mengurusi persoalan teknis terkait pembangunan JIS. "Ini perlu dibahas dalam pansus karena menelan angka Rp 4 triliun lebih," kata dia.

Jika pengajuan pansus tersebut tidak membuahkan hasil, pihaknya akan berupaya untuk mendorong pengajuan pansus melalui kader yang tersebar di setiap komisi.

"Misalkan anggota fraksi yang ada di lima komisi kita perintahkan coba minta kepada pimpinan masing-masing komisi untuk dijadwalkan untuk melakukan evaluasi kepada SKPD yang terkait," kata dia.

Pansus ini mencuat saat JIS dinyatakan tidak layak untuk menjadi tempat penyelenggaraan Piala Dunia U-17. Lapangan JIS dianggap tidak berstandar FIFA.

Padahal sedari awal, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengklaim stadion ini sudah berstandar internasional.
PT Jakarta Konsultindo selaku pihak yang terlibat dalam pembangunan JIS turut menggandeng Buro Happold Limited sebagai jasa konsultasi untuk membangun JIS.

Sebelumnya Buro Happold menyatakan tidak mendesain dan terlibat dalam konstruksi JIS, tetapi hanya membuat panduan desain dan jasa konsultasi stadion tersebut. Mereka bahkan menyebut pembangunan JIS tak sesuai dengan panduan yang telah mereka buat.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...