Ketua Dewan Pers Pimpin Tim Dewan Juri Gelaran AMSI Awards 2023

Happy Fajrian
19 Juli 2023, 18:36
AMSI Award 2023, ketua dewan pers
Katadata
Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu akan memimpin tim dewan juri pada AMSI Award yang akan digelar di Bandung, 23 Agustus 2023.

Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) melakukan kickoff penjurian AMSI Awards 2023 secara daring sebagai penanda dimulainya rangkaian penting pelaksanaan AMSI Awards 2023.

Pada kickoff penjurian perdana ini, para juri yang ditunjuk panitia dan pengurus AMSI sepakat memilih dan menetapkan ketua dewan pers, Ninik Rahayu sebagai ketua dewan juri AMSI Awards 2023.

Kickoff penjurian AMSI Awards 2023 juga dihadiri ahli hukum pers dan mantan ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo, Chief of Party Internews Indonesia Eric Sasono, dan peneliti media Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Ignatius Haryanto.

Dari pengurus dan Juri Internal AMSI, hadir Bendahara Umum Maryadi, Wakil Ketua AMSI Suwarjono, Direktur Eksekutif AMSI Adi Prasetya, dan anggota tim teknis panitia AMSI Awards. Satu juri lain dari praktisi kehumasan Head of Corporate Communications Adaro Energy Febriati Nadira berhalangan hadir.

Media di Indonesia dinilai harus memiliki kedaulatan digital dan mengembangkan beragam pendapatan atau revenue agar tidak semata bergantung pada platform global yang saat ini mendominasi industri media digital.

Media harus mengantisipasi dan tak henti melakukan inovasi teknologi sendiri, inovasi bisnis, dan tentu saja inovasi konten. Dalam suasana demam masuknya teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang juga telah merambah industri media, media harus makin didorong memiliki kedaulatan digital.

Demikian benang merah dari Kickoff Meeting Penjurian AMSI Awards 2023, Selasa (18/7) malam yang diselenggarakan AMSI secara daring.

“Saya berharap AMSI programnya bisa mendorong media kita punya kedaulatan teknologi, kedaulatan digital, inovasi revenue tiada henti agar jangan hanya bergantung pada platform global ,” kata Ninik dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu (19/7).

Ninik juga mengapresiasi langkah pemberian AMSI Awards sebagai motivasi bagi pengelola media agar makin berkualitas dan terus berinovasi. Menurut dia saat ini tantangan media semakin berat karena perubahan teknologi digital yang kurang berpihak kepada media, seperti masuknya Open AI, media tidak akan lagi mendapat backlink.

Tim Dewan Juri AMSI Award 2023
Tim Dewan Juri AMSI Award 2023.

Wakil Ketua AMSI, Suwarjono yang juga juri internal menceritakan proses seleksi awal AMSI Awards 2023. Menurut pemimpin redaksi suara.com itu,  proses seleksi awal oleh juri internal mempertimbangkan banyak faktor dan tidak hanya menilai matriks, angka, dan data yang disajikan peserta saja.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...