PAN Deklarasi Capres Agustus, Ajukan Erick dan Muhadjir Bacawapres

Ameidyo Daud Nasution
27 Juli 2023, 19:30
PAN, erick thohir, zulkifli hasan
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nym.
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (kanan) menyampaikan pidatonya usai mengajukan berkas bakal calon anggota DPR di Gedung KPU, Jakarta, Jumat (12/5/2023).

Partai Amanat Nasional (PAN) akan mengumumkan dukungan mereka kepada bakal calon presiden pada Agustus mendatang. Mereka juga memberikan sinyal dukungan akan diberikan kepada capres yang mendukung arah pemerintahan saat ini.

"Mudah-mudahan bulan depan," kata Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di Makassar, Kamis (27/7) dikutip dari Antara.

PAN juga akan mengusung nama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy sebagai bakal cawapres. Erick merupakan calon dari eksternal, sedangkan Muhadjir berasal dari internal partai.

Zulkifli juga akan mencari koalisi yang akan mendukung kelanjutan program Presiden Joko Widodo. Ia juga berharap partai-partai pendukung Jokowi tetap kompak.

"Agar bisa melanjutkan pembangunan yang dikerjakan Pak Jokowi," kata Zulkifli.

PAN juga akan fokus memenangkan Pemilihan Legislatif 2024 di sejumlah daerah. Ini karena waktu yang tersisa untuk bekerja maksimal hanya enam bulan lagi.

"Teman-teman di partai tentu bisa kerja lebih keras lagi," katanya.

Sebelumnya, PAN hanya akan berkoalisi dengan pengusung calon presiden terkuat dalam kontestasi Pilpres 2024. Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi menyatakan keputusan ini sebagai langkah hati-hati agar PAN tak kalah lagi.

“PAN akan bersikap hati-hati, karena PAN tidak mau kalah hattrick. PAN akan berkoalisi dengan partai pemerintah saja,” kata Viva dalam keterangannya, Jumat (21/7).

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...