Dukungan PBB Terhadap Prabowo Dinilai Berikan Keuntungan di Dua Sisi

Ade Rosman
31 Juli 2023, 22:34
PBB
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/tom.
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (depan, kiri) bersama Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra (depan, kanan) didampingi sejumlah pimpinan kedua partai politik memberikan keterangan kepada wartawan usai melakukan pertemuan di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta, Kamis (6/4/2023).

Partai Bulan Bintang atau PBB yang dipimpin Yusril Ihza Mahendra secara resmi mendeklarasikan dukungan terhadap Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai salah satu kandidat calon presiden atau Capres 2024.

Direktur Eksekutif PARA Syndicate Ari Nurcahyo menilai dukungan PBB dapat memberikan beberapa manfaat bagi Prabowo. Pasalnya, basis suara PBB cukup kuat di tingkatan daerah.

"Tidak ada di senayan perwakilannya, tapi di DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota dan beberapa daerah PBB juga punya basis masa yang cukup kuat," kata Ari saat dihubungi, Senin (31/7).

Ia mengatakan, massa PBB di daerah yang mengikuti sikap partai mendukung Prabowo bisa menjadi keuntungan politik bagi pria yang kini menjabat Menteri Pertahanan tersebut.

Di sisi lain, kata Ari, Yusril yang berprofesi sebagai pengacara dan ahli hukum tata negara dapat membantu Prabowo di situasi tertentu. Hal itu telah terbukti saat ia mendampingi Jokowi.

"Posisi Yusril ini kan salah satu pengacara yang disiapkan untuk ketika ada sengketa Pemilu atau hasil segala macam. Kemarin advokasi Yusril ini cukup efektif bagaimana menyiapkan mitigasi hukum terkait potensi perselisihan ketika membela atau mendukung Jokowi," katanya.

Yusril mendeklarasikan dukungan terhadap Prabowo saat perayaan Milad ke-25 PBB di ICE BSD, Tangerang Selatan, Minggu (30/7).

"Pada kesimpulan sekali ini, PBB harus memutuskan untuk mencalonkan Pak Prabowo sebagai capres," kata Yusril.

Ia meyakini Prabowo akan memenangkan Pilpres 2024 setelah didukung PBB. 

Reporter: Ade Rosman
Editor: Lavinda

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...