Kemenkes Investigasi Penyebab Pasti Kematian Enam Warga Papua Tengah

Andi M. Arief
2 Agustus 2023, 18:33
papua, kemenkes, kelaparan
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc.
Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono (kedua kanan) mengikuti rapat kerja dengan Badan Legislasi DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (22/11/2022).

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono akan melakukan investigasi terhadap enam orang yang diduga meninggal karena kelaparan di Kabupaten Puncak, Papua Tengah.

Investigas tersebut dilakukan dalam rangka menanggapi pernyataan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Syahrul sebelumnya mengatakan keenam orang tersebut meninggal karena diare, bukan kelaparan.

Dante menjelaskan seseorang terkena diare karena salah mengonsumsi makanan. Sementara itu, kelaparan adalah penyakit kronik, berbeda dengan diare yang merupakan penyakit akut.

"Kami akan lakukan investigasi. Kalau sudah ada hasilnya, pasti kami sampaikan ke teman-teman pers," kata Dante di Istana Kepresidenan, Rabu (2/8).

Seperti diketahui, enam orang di Papua Tengah dikabarkan meninggal karena kelaparan. Hal tersebut disebabkan oleh cuaca ekstrem yang terjadi di Distrik Agandugume dan Distrik Lambewi di Provinsi Papua Tengah.

Syahrul membenarkan adanya cuaca ekstrem di Papua Tengah. Akan tetapi, menurutnya hanya satu dari enam distrik yang terdampak dari cuaca ekstrem tersebut. 

Ia berpendapat masyarakat di Papua Tengah telah terbiasa dengan cuaca ekstrem seperti hujan es maupun tidak ada hujan. Namun Kementerian Pertanian akan memeriksa langsung distrik terdampak cuaca ekstrem di Tanah Papua dalam waktu dekat.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...