Terancam Topan, Kontingen Indonesia di Jambore Korsel Dipindahkan

Andi M. Arief
7 Agustus 2023, 17:00
Rombongan pramuka Indonesia di Jambore Internasional, Korea Selatan. Foto: Antara.
Antara
Rombongan pramuka Indonesia di Jambore Internasional, Korea Selatan. Foto: Antara.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan perwakilan pramuka Indonesia di Jambore Dunia 2023 akan dipindahkan. Hal tersebut untuk menghindari ancaman Topan Khanun yang diperkirakan melintasi lokasi ajang internasional tersebut.

Jambore Dunia tahun ini diadakan di Korea Selatan, tepatnya di Kabupaten Saemangeum, Provinsi Jeolla Utara. Angin topan berkecepatan hingga 44 meter per detik tersebut diramalkan tiba di Korea Selatan antara Rabu (9/8) atau Kamis (10/8).

"Ada rencana baru yang sudah dibikin dan anak-anak kita menurut rencana akan mulai dipindahkan besok sekitar siang dan sore," kata Retno di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (7/8).

Retno sudah melaporkan rencana tersebut kepada Presiden Joko Widodo hari ini. Menurutnya, kini tim Kedutaan Besar Republik Indonesia di Seoul sedang mencarikan bus untuk kebutuhan pemindahan tersebut.

Retno menyatakan pemindahan tersebut tidak berarti pemulangan kontingan Indonesia. Menurutnya, pemindahan tersebut terbatas pada pemindahan para perwakilan ke tempat lain.

"Ketika saya tanya dipindahkan ke mana, mereka sedang berkomunikasi dan konsultasi dengan otoritas setempat di Korea Selatan," kata Retno.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...