Daftar Pesawat Tempur Diborong Prabowo: Dassault Rafale hingga F-15

Ameidyo Daud Nasution
23 Agustus 2023, 12:23
prabowo, f-15, rafale
Kementerian Pertahanan
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat meninjau pesawat F-15EX di St Louis, Amerika Serikat, Senin (21/8). Foto: Kementerian Pertahanan.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menambah alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang dimiliki Tentara Nasional Indonesia (TNI). Dalam kunjungannya ke Amerika Serikat, ia membeli 24 jet tempur F-15EX bikinan Boeing.

Wacana pembelian F-15 ini telah disampaikan sejak tahun lalu. Pada November 2022, Prabowo sempat bertemu Menhan Amerika Serikat Lloyd J. Austin III di Jakarta dan memastikan rencana pembelian pesawat tempur tersebut terus berjalan.

Kehadiran F-15EX ini menambah alutsista yang dibeli pada era Prabowo. Sebelumnya, mantan Danjen Kopassus ini telah memesan pesawat tempur Dassault Raffale.

Berikut daftar pesawat tempur yang telah dibeli Prabowo:

Dassault Rafale

Prabowo memesan pesawat tempur Dassault Rafale pada Februari 2022 lalu. Ada 42 pesawat tempur generasi 4,5 tersebut yang dipesan usai Prabowo bertemu Menteri Angkatan Bersenjata Prancis Florence Parly.

Untuk awalnya, Indonesia akan menerima enam unit Rafale. Adapun, pesawat ini merupakan tipe tercanggih yang dirancang pabrikan asal Prancis tersebut.

Ilustrasi, jet tempur Rafale buatan Dassault Aviation.
Ilustrasi, jet tempur Rafale buatan Dassault Aviation. (Dok. Dassault Aviation)

Rafale merupakan pesawat tempur berbagai fungsi atau omnirole. Ia bisa dipakai untuk pertahanan udara, mengawasi musuh tanpa terdeteksi, membidik sasaran dari jarak yang dinamis, dan melakukan serangan udara dengan presisi. Pesawat juga bisa dipakai anti-serangan rudal kapal perang.

Rafale juga memiliki sistem front sensor optronics atau FSO yang terintegrasi penuh dalam pesawat. Sistem ini membuat pesawat dapat melacak target di udara, air, dan darat dengan laser punya resolusi tinggi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...