Tak Segera Umumkan Sanksi, PDIP Ogah Pusing Urus Budiman Sudjatmiko

Ade Rosman
24 Agustus 2023, 15:52
PDIP
ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/nym.
Pengurus dan kader PDI Perjuangan mengibarkan bendera Merah Putih dan bendera partai dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) III DPD PDI Perjuangan Provinsi Jambi di Jambi, Sabtu (29/7/2023).

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Said Abdullah mengungkapkan partainya tak mau dipusingkan dengan sikap politik Budiman Sudjatmiko yang merupakan kader PDIP. Menurut Said saat ini partai yang dipimpin Megawati Soekarnoputri itu sedang fokus pada kontestasi pilpres 2024, bukan dengan masalah perorangan di internal partai.

"Fokus kami ke Mas Ganjar sama penggodokan cawapres itu, maka di luar itu ya gak usah dipikirkanlah, masa kami kan dicapekkan,” ujar Said di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (24/8).

Said menjelaskan partai tak ingin energi dan sumber daya tercurah hanya untuk memikirkan sikap politik satu atau dua orang kader saja. Menurut dia PDIP saat ini memiliki prioritas yang lebih besar untuk menghadapi pemilu dan pemilihan presiden 2024 mendatang. 

Sebelumnya Budiman Sudjatmiko mengumumkan dukungan untuk Prabowo Subianto di pilpres mendatang. Sikap Budiman berseberangan dengan partai yang telah mengusung Ganjar Pranowo. 

Atas perbedaan sikap itu Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto mengatakan partainya akan memberi sanksi untuk Budiman. Namun hingga kini PDIP tak kunjung memanggil ataupun mengeluarkan sanksi untuk mantan aktivis 1998 itu. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...