PDIP Resmi Pecat Budiman Sudjatmiko, Gerindra dan PSI Ajak Bergabung

Ade Rosman
25 Agustus 2023, 06:11
Budiman Sudjatmiko
ANTARA FOTO/Fransisco Carolio/aww.
Politikus PDI Perjuangan Budiman Sudjatmiko memberikan pemaparan saat Deklarasi Relawan Persatuan Nasional dan Diskusi Kebangsaan di Medan, Sumatera Utara, Senin (7/8/2023).

Budiman Sudjatmiko resmi dipecat dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Berdasarkan salinan surat elektronik yang diterima Katadata.co.id, surat tersebut diteken oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Sekretaris Jenderal Hasto Kristiyanto.

"Memutuskan: memberikan sanksi organisasi berupa pemecatan kepada Sdr. Budiman Sudjatmiko, M.A. M.Phil dari keanggotaan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan," tulis surat tersebut seperti dikutip, Jumat (25/8). 

Politikus PDIP Deddy Yevry Sitorus membenarkan surat pemecatan itu. menuturkan bahwa surat pemecatan Budiman sebagai kader PDIP telah dikirim lewat kurir. 

Budiman dipecat oleh PDIP lantaran terang-terangan mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden pada pemilihan presiden 2024 mendatang. Sikap Budiman berbeda dengan PDIP yang telah resmi mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden.

Budiman pun mengkonfirmasi pemecatan tersebut. "Betul. Sudah terima tadi jam 8 malam," kata Budiman saat dikonfirmasi awak media, Kamis (24/8) malam. Meski begitu, ia mengaku tak mempermasalahkan pemecatan dirinya. Sebelumnya, Budiman ngotot akan tetap bertahan di PDIP.

Ia menyebut bakal kembali mendaftar sebagai kader partai banteng bila nantinya dipecat oleh Mega. Namun ia akan memberi jeda waktu sebelum mendaftar kembali. 

"Barangkali setelah beberapa tahun kesalahan saya diampuni, saya bisa daftar lagi," kata Budiman saat menghadiri acara Kopdarnas PSI di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Selasa (22/8) malam.

Kendati demikian, ia menyebut sebelum mendaftar kembali jika dipecat nanti, ia akan menghabiskan waktu cukup lama untuk masa yang ia sebut sebagai masa berkabung. Ia menyebut bakal mendaftar lagi menjadi kader PDIP setelah masa berkabung usai.  

"Saya mungkin akan mempertimbangkan jomblo dulu. Ya, ibaratnya orang baru kehilangan pasangan hidup, harus melewati masa berkabung yang lama," kata Budiman.

Budiman saat ini telah mendeklarasikan kelompok relawan Prabowo - Budiman (Prabu) Bersatu. Deklarasi ia lakukan pada Jumat (18/8) di  Semarang, Jawa Tengah, dan dihadiri langsung oleh capres dari Koalisi Kebangsaan Indonesia Raya, Prabowo Subianto. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...