Hanura Datangi Markas PDIP, Resmikan Deklarasi Usung Ganjar di Pilpres

Ade Rosman
28 Agustus 2023, 11:28
Hanura dukung Ganjar capres dari PDIP
ANTARA FOTO/Fauzan/hp.
Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (tengah) memberikan keterangan pers di Jakarta, Sabtu (22/4/2023). Ketua Umum Partai Hanura mendeklarasikan dukungannya kepada calon presiden dari partai PDIP yakni Ganjar Pranowo dalam pilpres 2024 mendatang.

Partai Hati Nurani Rakyat atau Hanura akan berkunjung ke Kantor DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan di Jakarta, Senin (28/8). Kunjungan dijadwalkan berlangsung pada pukul 14.00 WIB. 

Ketua DPP PDIP Said Abdullah mengatakan, pada kunjungan itu Hanura secara resmi akan menyatakan dukungan terhadap Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024. Dukungan sebelumnya telah diumumkan secara lisan oleh Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang usai PDIP mendeklarasikan dukungan untuk Ganjar pada 21 April 2023 lalu. 

"Kedatangan Partai Hanura nanti siang ke Kantor DPP PDI Perjuangan untuk secara formal dan memantapkan diri bekerja sama dengan PDI Perjuangan," kata Said dalam keterangannya, Senin (28/8).

Said menduga keputusan Hanura itu merupakan kelanjutan pertemuan Oesman dengan Presiden Jokowi di Medan, Sumatera Utara, beberapa waktu lalu. Meski begitu ia tidak memerinci topik yang dibahas dalam pertemuan itu. 

 "Mungkin Pak Oso saat bertemu Presiden Jokowi di Medan berkonsultasi dengan beliau," kata Said. 

Tambahan dukungan dari Hanura membuat tiket untuk Ganjar Pranowo kian gemuk. Sebelumnya selain dari PDIP Ganjar telah mengantongi dukungan dari Partai Persatuan Pembangunan, dan Perindo. 

Dua kandidat lainnya yang akan maju sebagai kandidat bakal capres 2024 yakni Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Prabowo mendapat dukungan dari Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa, Golkar, Partai Amanat Nasional, Partai Bulan Bintang. 

Sementara Anies didukung oleh Koalisi Perubahan untuk Persatuan yang terdiri dari Partai Nasional Demokrat, Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera. Serta satu partai non-parlemen yakni Partai Ummat. 

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...