Partai Gelora Atur Waktu Deklarasi Dukung Prabowo di Pilpres 2024

Ade Rosman
28 Agustus 2023, 15:06
Sekretaris Jenderal partai Gelora Indonesia bertemu dengan Sekjen Partai Gerindra
Antara
Sekretaris Jenderal partai Gelora Indonesia bertemu dengan Sekjen Partai Gerindra

Partai Gelombang Rakyat Indonesia atau Gelora akan mendeklarasikan dukungan terhadap Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden 2024. Sekretaris Jenderal Partai Gelora Mahfudz Siddiq mengatakan, deklarasi dukungan terhadap Prabowo akan dilaksanakan pada Sabtu (2/9). 

Mahfudz mengungkapkan, keputusan Gelora untuk mendukung Prabowo dimantapkan setelah proses komunikasi intensif dengan Prabowo dan pimpinan Gerindra lainnya sejak Maret 2023 lalu. Deklarasi akan dilakukan di Djakarta Theater, di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Menurut Mahfudz, setelah mendapat kesepakatan prinsip, Partai Gelora telah melakukan sosialisasi ke seluruh pimpinan wilayah tingkat propinsi dan kabupaten/kota. Hasilnya seluruh pengurus Gelora sepakat untuk mendukung Prabowo di pilpres 2024. 

Mahfudz mengatakan kegiatan deklarasi akan dihadiri langsung oleh Prabowo. Selain itu juga akan hadir pimpinan partai koalisi pendukung Prabowo yakni Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Amanat Nasional, Golkar, dan Partai Bulan Bintang. 

Ia pun mengatakan nantinya seluruh pengurus Dewan Pimpinan Nasional (DPN) dan seluruh pimpinan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) dari 38 provinsi akan hadir dalam deklarasi dukungan. Lalu 514 pimpinan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dari kabupaten/kota seluruh Indonesia akan mengikuti acara deklarasi secara daring. 

Pada pilpres 2024 mendatang Prabowo disebut-sebut bakal bersaing dengan dua calon presiden yang telah mengantongi tiket maju di pilpres. Mereka adalah Ganjar Pranowo yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan bersama Partai Hanura, Perindo dan Partai Persatuan Pembangunan. 

Kandidat calon presiden lainnya adalah Anies Baswedan yang didukung Koalisi Perubahan untuk Persatuan. KPP terdiri dari Partai Nasional Demokrat, Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera. Meski sudah ada tiga kandidat capres namun hingga kini belum ada yang memutuskan sosok calon wakil presiden yang akan mendampingi maju di pilpres.

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...