Anies - Muhaimin Kunjungi Markas PKS, Pastikan Kelanjutan Koalisi

Ade Rosman
12 September 2023, 10:05
Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar
Katadata
Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar

Bakal calon presiden dan calon wakil presiden Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan serta Muhaimin Iskandar akan berkunjung ke markas DPP Partai Keadilan Sejahtera di Jakarta Selatan, Selasa (12/9) siang. Rencana tersebut sebelumnya disampaikan Anies usai kunjungannya ke DPP PKB pada Senin (11/9) siang. 

“Akan silaturahmi bersama-sama ke DPP PKS bersama tim PKB,” kata Anies.

Ia menyebut, kunjungan hari ini dalam rangka silaturahmi antara dirinya, Muhaimin bersama jajaran PKB dengan PKS. Saat ini bakal pasangan calon tersebut telah mendapat dukungan dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, yang terdiri dari Nasional Demokrat, PKB, dan PKS. Adapun Demokrat yang semula tergabung dalam koalisi telah menarik dukungan usai Anies memilih Muhaimin menjadi cawapres. 

PKS yang sedari awal bergabung dengan Koalisi Perubahan belum menentukan sikap apakah akan mendukung Muhaimin sebagai pasangan Anies. Pasalnya sesuai mekanisme di internal partai dukungan untuk Muhaimin dilakukan melalui Musyawarah Majelis Syuro.

Di sisi lain, Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Jazilul Fawaid mengatakan pertemuan hari ini sebagai bentuk silaturahmi serta follow up hal-hal penting yang akan dibahas dengan PKS.

“Ya seperti yang disampaikan kemarin, PKS mengucapkan ahlan wa sahlan dan kemudian tentu harus ditindaklanjuti dengan silaturahim berkomunikasi, membangun kesepahaman untuk arah ke depan,” kata Jazilul di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Senin (11/9).

Menurut Jazilul silaturahmi dan komunikasi politik sangat penting agar mencapai kesepahaman di antara tiga partai yang tergabung dalam koalisi perubahan.

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...