Ganjar Muncul di Tayangan Azan TV, Bawaslu Belum Bisa Beri Sanksi

Ade Rosman
13 September 2023, 04:57
Ganjar
Twitter Yom_N_Friends
Ganjar di video azan Maghrib

Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu menanggapi kemunculan bakal calon presiden Ganjar Pranowo dalam tayangan azan yang disiarkan di salah satu stasiun TV swasta. Sebelumnya, kemunculan Ganjar itu dinilai sebagai kampanye.

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja mengungkapkan pihaknya belum bisa memberikan sanksi apapun terhadap siapapun terkait tayangan tersebut. Dia juga belum dapat menyimpulkan ada atau tidak ada pelanggaran dalam tayangan tersebut. Pasalnya, status Ganjar belum menjadi peserta Pemilu, lantaran pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden pun masih belum dibuka.

“Pada saat ini, Peraturan KPU 15 tahun 2023 dan beserta tahapan yang ada, belum ada bacapres sampai dengan sekarang ini,” kata Bagja saat konferensi pers yang disiarkan langsung di YouTube Bawaslu RI, Selasa (12/9).

Berdasarkan hal tersebut, Bagja mengatakan Bawaslu sedang mengkaji dan menanti pendalaman yang dilakukan oleh Komisi Penyiaran Indonesia atau KPI. Nantinya, jika terdapat pelanggaran dalam tayangan tersebut, maka ini menjadi ranah KPI untuk menindaknya.

“Jika tidak terjadi pelanggaran alhamdulilah. Jika terjadi pelanggaran yang akan melakukan pengawasan adalah teman-teman KPI terhadap lembaga penyiaran publiknya,” kata Bagja.

Kendati demikian, Bagja menyebut Bawaslu akan melayangkan surat imbauan pada partai politik untuk menahan sosialisasi yang seharusnya tak dilakukan di frekuensi publik.

“Kepada partai politik kita akan melakukan surat imbauan bahwa sekarang untuk menahan diri karena tidak ada sosialisasi seharusnya di frekuensi publik,” katanya.

Sebelumnya, kemunculan Ganjar di tayangan azan ramai diperbincangkan mayarakat di media sosial. Mantan Gubernur Jawa Tengah itu muncul dalam tayangan azan di sebuah televisi swasta milik Hary Tanoesoedibjo, Ketua Umum dari Partai Perindo, salah satu partai politik yang mendukungnya sebagai bacapres untuk berlaga di Pilpres 2024.

Reporter: Ade Rosman
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...