Menag Yaqut Persilakan KPU Gunakan KUA untuk Kegiatan Pemilu - Pilpres

Ade Rosman
15 September 2023, 17:56
KPU
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/aww.
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memberikan keterangan pers di Terminal 3, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (5/8/2023).

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyatakan Kementerian Agama berkomitmen ikut andil dalam mensukseskan Pemilu 2024. Salah satu caranya dengan menyediakan ruang untuk Komisi Pemilihan Umum melaksanakan kegiatan kepemiluan di Kantor Urusan Agama atau KUA.

"Dalam situasi tertentu, kami juga akan sediakan, silakan kalau KPU ingin menggunakan KUA, kantor-kantor KUA yang ada di Kementerian Agama untuk kegiatan kepemiluan," kata Yaqut usai menandatangani nota kesepahaman KPU dengan Kemenag, Kemenpora, PPATK dan OJK dalam mendukung penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024, di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Jumat (15/9).

Pada kesempatan tersebut, Yaqut menyebut tak hanya KUA, Kemenag juga akan menyediakan aset yang dikelola untuk mendukung pemilu. Beberapa tempat yang bisa digunakan adalah madrasah maupun kampus untuk memberikan sosialisasi pada masyarakat. Ia menekankan seluruh bantuan itu tak akan dikenakan biaya.

"Manakala KPU memerlukan, Kementerian Agama menyediakan semua ruang-ruang yang kami miliki,  baik itu kampus, sekolah-sekolah, kemudian sosialisasi tentang kepemiluan," ujar Yaqut.

Selain dalam bentuk ruang, Yaqut juga menyatakan Kemenag pun memiliki 50 ribu penyuluh yang siap membantu mensosialisasikan kepemiluan.Kemenag kata dia mendukung KPU dalam menghadirkan pemilu yang bersih dan demokratis.

Pada kesempatan yang sama, Ketua KPU Hasyim Asy'ari mengatakan, penandatanganan nota kesepahaman dengan Kementerian Agama, Kementerian Pemuda dan Olahraga, serta PPATK tersebut sebagai bentuk penyelenggaraan Pemilu yang melibatkan banyak pihak. Ia menyebut komitmen itu akan dipastikan hingga berakhirnya seluruh tahapan pemilu. 

Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...