Museum Nasional Segera Investigasi Penyebab Kebakaran

Image title
17 September 2023, 08:21
Museum Nasional
ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin/hp.
Pengunjung memperhatikan instalasi yang dipamerkan pada 'The Truth Inside You' di Museum Nasional, Jakarta, Sabtu (17/12/2022).

Pengelola Museum Nasional Indonesia akan segera mengerahkan tim investigasi internal terkait kebakaran yang terjadi di kompleks museum pada Sabtu (26/9) malam.

Dalam pernyataan resminya, Museum Nasional menegaskan, bahwa selain investigasi penyebab kebakaran, prioritas saat ini adalah melindungi artefak berharga dan benda-benda sejarah yang ada di dalam museum.

"Kami akan bekerja sama dengan pihak berwenang untuk memastikan bahwa investigasi berjalan dengan transparan," tulis pernyataan resmi Museum Nasional, dilansir dari Antara, Minggu (17/9).

Seperti diketahui, Kebakaran besar terjadi di Museum Nasional yang berlokasi di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, pada Sabtu (16/9) pukul 20.08 WIB. Kebakaran rerjadi di belakan Gedung A Museum Nasional. Untuk memadamkan kebakaran, Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Pusat mengerahkan 52 petugas

Kepala Sudin Gulkarmat Asril Rizal menyampaikan kebakaran diduga berasal dari korsleting arus listrik yang terjadi di bedeng proyek renovasi museum tersebut.

"Korsleting listrik di belakang pameran museum diduga berasal dari area bedeng tukang yang sedang melaksanakan perbaikan gedung Blok C," kata Asril saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu.

Berdasarkan laporan kebakaran Sudin Gulkarmat Jakarta Pusat, kronologi kebakaran berawal ketika petugas keamanan sedang melaksanakan apel.

Tidak lama kemudian, sekitar pukul 19.58 WIB, terjadi ledakan yang cukup besar dari arah bedeng proyek yang sedang mengerjakan renovasi di Museum Nasional. Alarm gedung pun berbunyi dan saat dilihat, api sudah membesar.

Api dinyatakan padam pada pukul 22.00 WIB dan petugas kemudian melanjutkan proses pendinginan.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...