Pembukaan Asian Games di Cina Malam Ini: Bertema Budaya dan Teknologi

Lavinda
Oleh Lavinda
23 September 2023, 14:30
Asian Games
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww.
Sejumlah atlet bersiap mencium Bendera Merah Putih saat upacara Pengukuhan Kontingen Asian Games 2022 Hangzhou di Jakarta, Selasa (19/9/2023).

Upacara pembukaan Asian Games Ke-19 di Hangzhou, Cina, akan berlangsung pada Sabtu (23/9) malam nanti. Upacara akan menampilkan atraksi tentang sejarah kota dilengkapi dengan teknologi canggih.

Sekretaris Jendral Eksekutif Panitia Penyelenggara Asian Games Hangzhou (HAGOC) Chen Weiqiang mengungkapkan tema besar hajatan di kota kelahiran raksasa e-commerce Alibaba itu adalah budaya dan kecerdasan.

Hangzhou merupakan Ibu Kota Provinsi Zhejiang yang menjadi tempat budaya dan sejarah berpadu dengan teknologi modern. Seperti yang sudah-sudah, upacara pembukaan ajang olahraga internasional selalu menjadi platform utama untuk menampilkan budaya negara tuan rumah.

Upacara pembukaan yang berlangsung di Hangzhou Olympic Sports Centre tersebut akan menunjukkan sejarah panjang kota di pesisir timur Cina itu.

Pertunjukkan akan diproyeksi ke layar dan lantai stadion, dikombinasikan dengan atraksi teknologi canggih, seperti animasi tiga dimensi tanpa kacamata, hingga penyalaan kaldron Asian Games dengan melibatkan pemegang obor virtual.

"Seluruh teknologi itu, properti dan program yang kami jalankan akan membantu menyajikan kekayaan sejarah dan budaya dari Hangzhou dan Zhejiang, juga harapan rakyat Cina untuk menyatukan seluruh negara Asia, dengan cara yang estetik dan intensif," ujar Direktur dan Produser Utama Upacara Pembukaan Sha Xiaolan, dilansir laman resmi penyelenggara, dikutip dari Antara pada Sabtu (23/9).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...