14 Entitas Raih Katadata Green Initiative Awards pada SAFE 2023

Ira Guslina Sufa
27 September 2023, 00:32
Katadata Insight Center memberikan apresiasi “Katadata Green Initiative Awards (KGIA) 2023” kepada 14 perusahaan dan lembaga, Selasa (26/9/2023) malam.
Katadata/Zaenuddin
Katadata Insight Center memberikan apresiasi “Katadata Green Initiative Awards (KGIA) 2023” kepada 14 perusahaan dan lembaga, Selasa (26/9/2023) malam.

Katadata Insight Center memberikan apresiasi “Katadata Green Initiative Awards (KGIA) 2023” kepada 14 perusahaan dan lembaga yang dinilai menerapkan berbagai inisiatif dan inovasi untuk meningkatkan dampak positif terhadap lingkungan dan menciptakan sistem yang berkelanjutan. Direktur Katadata Insight Center, Adek Media Roza mengatakan apresiasi diberikan kepada perusahaan yang telah melewati berbagai penilaian. 

Menurut Adek beberapa hal yang menjadi sorotan dalam penilaian adalah kemauan entitas perusahaan menjalankan praktik bisnis berkelanjutan, berfokus pada komitmen rendah emisi dan transisi energi bersih. Tim penilai juga melihat komitmen perusahaan perusahaan dalam penggunaan teknologi dan material ramah lingkungan, pengelolaan sampah & limbah, serta pengembangan rantai nilai (value chain) yang berkelanjutan.

“Kami ingin mengapresiasi pihak-pihak yang sudah melaksanakan inisiatif keberlanjutan dengan harapan dapat memotivasi pihak lain untuk melakukan inisiatif serupa. Ini semua tidak hanya bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat, tetapi juga ekonomi Indonesia,” kata Adek dalam gelaran penganugerahan KGIA Award, Selasa (26/9) malam.

Adek menjelaskan, penilaian diberikan berdasarkan kategori yang telah disiapkan. Di sektor perbankan, faktor yang dinilai antara lain terobosan perbankan dalam menyalurkan pembiayaan berkelanjutan dan mendorong nasabah untuk menjalankan usaha yang ramah lingkungan.

Di sektor energi dan pertambangan, kata dia, faktor yang dinilai antara lain diversifikasi bisnis ke energi bersih, peningkatan bauran energi baru terbarukan (EBT) dan dekarbonisasi. Pada sektor teknologi dan transportasi, Katadata memberikan penghargaan kepada perseroan yang berinisiatif melakukan transisi penggunaan kendaraan rendah emisi, teknologi ramah lingkungan dan program penyeimbangan karbon (carbon offset) sebagai langkah pengurangan emisi karbon.

Di sektor industri barang konsumsi, penilaian menyoroti komitmen perusahaan untuk menjalankan keseluruhan rantai bisnis secara berkelanjutan dan menerapkan  sistem ekonomi sirkular atau closed-loop system. “Sejumlah inovasi untuk mencapai zero-waste juga termasuk ke dalam aspek-aspek yang dinilai,” ujar Adek. 

Sedangkan untuk lembaga pemerintah dan masyarakat sipil, apresiasi ini menyoroti entitas dengan inisiatif lingkungan yang turut memberdayakan masyarakat. Adapun Katadata Insight Center atau  KIC yang menjadi penyelenggara penghargaan merupakan unit riset di bawah naungan Katadata Indonesia. 

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani

SAFE Forum 2023 akan menghadirkan lebih dari 40 pembicara yang akan mengisi 15 lebih sesi dengan berbagai macam topik. Mengangkat tema "Let's Take Action", #KatadataSAFE2023 menjadi platform untuk memfasilitasi tindakan kolaboratif dari berbagai pemangku kepentingan yang disatukan oleh misi menjadikan Indonesia sebagai negara yang lebih hijau. Informasi selengkapnya di sini.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...