Luhut Bicara Soal Capres: Pak Ganjar Baik, Pak Prabowo Juga Bagus

Andi M. Arief
27 September 2023, 10:49
Luhut Binsar Pandjaitan
Katadata

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut B Pandjaitan, angkat bicara tentang bakal calon presiden atau capres dalam Pemilihan Umum 2024. Menurut Luhut, calon presiden seanjutnya perlu menyadari pentingnya keberlanjutan dari program yang telah dilakukan oleh Presiden Joko Widodo.

Luhut menjelaskan, dirinya sebelumnya membutuhkan waktu lima tahun untuk memahami persoalan dalam negeri mulai dari masalah hilirisasi, minyak goreng, beras, hingga e- katalog. Menurut dia, Presiden Jokowi sudah meletakkan fondasi yang bagus untuk mengatasi berbagai masalah tersebut.

"Saya sudah sampaikan secara terbuka kepada Pak Prabowo dan Pak Ganjar, ngapain coba-coba lagi? Pak Jokowi sudah meletakkan fondasi yang bagus," ujarnya dalam Katadata Sustainability Action for The Future Economy Forum (SAFE) 2023, di Ballroom Hotel Kempinski, Jakarta, Selasa (27/9).

 Luhut mengatakan, dua capres tersebut sudah cukup dewasa sehingga membuat masyarakat tidak terbelah saat Pemilu. Dia berharap siapapun yang menang bisa mengikuti langkah Jokowi untuk mempersatukannya dalam kabinet.

"Jangan semua berkelahi jadi presiden. Saya pikir kita punya kandidat yang bagus. Pak Ganjar baik, Pak Prabowo juga bagus," ujarnya.

Kenapa Luhut Tidak Bahas Anies?

Dalam kesempatan itu, Luhut tidak membahas satu lagi bakal capres yaitu Anies Baswedan. Menurut Luhut, hal itu karena Anies belum pernah menemuinya untuk meminta pandangan terkait isu pemerintahan.

"Kalau enggak datang ke saya, ya enggak saya sampaikan pandangan saya," katanya.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief

SAFE Forum 2023 akan menghadirkan lebih dari 40 pembicara yang akan mengisi 15 lebih sesi dengan berbagai macam topik. Mengangkat tema "Let's Take Action", #KatadataSAFE2023 menjadi platform untuk memfasilitasi tindakan kolaboratif dari berbagai pemangku kepentingan yang disatukan oleh misi menjadikan Indonesia sebagai negara yang lebih hijau. Informasi selengkapnya di sini.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...