Fenomena Cuaca Panas Terik Berlanjut hingga Oktober, BMKG: Jaga Tubuh

Lona Olavia
30 September 2023, 13:57
Fenomena Cuaca Panas Terik Berlanjut hingga Oktober, BMKG: Jaga Tubuh
Dokumentasi BMKG

Sepekan hari terakhir ini, sebagian wilayah Indonesia mengalami fenomena suhu panas yang cukup terik pada siang hari.

Berdasarkan data hasil pengamatan BMKG, suhu maksimum terukur selama periode tanggal 22–29 September 2023 di beberapa wilayah Indonesia terjadi cukup tinggi dengan kisaran suhu antara 35-38.0 derajat celcius pada siang hari. 

Suhu maksimum tertinggi selama periode tersebut ada yang mencapai hingga 38.0 derajat celcius yang terukur di Kantor Stasiun Klimatologi Semarang - Jawa Tengah pada tanggal 25 dan 29 September 2023. Serta di Stasiun Meteorologi Kertajati, Majalengka - Jawa Barat pada 28 September 2023.

Sementara itu suhu maksimum terukur di wilayah Jabodetabek berada pada kisaran 35.0 - 37.5 derajat celcius. Suhu maksimum hingga 37.5 derajat celcius terukur di wilayah Tangerang Selatan pada tanggal 29 September 2023.

“Kondisi fenomena panas terik ini diprediksikan masih dapat berlangsung dalam periode Oktober ini, mengingat kondisi cuaca cerah masih cukup mendominasi pada siang hari,” ujar Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Guswanto dalam keterangannya, Sabtu (30/9).

Sehingga BMKG menghimbau kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga kondisi stamina tubuh dan kecukupan cairan tubuh. Terutama bagi warga yang beraktifitas di luar ruangan pada siang hari supaya tidak terjadi dehidrasi, kelelahan dan dampak buruk lainnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...